Analisis Pendidikan Karakter Religius dan Disiplin pada Anak Usia Sekolah Dasar(Studi Kasus pada SDIT Muhammadiyah Al-Kautsar Gumpang Kartasura Tahun Pelajaran 2014/2015)

ARAFAT, NURUL (2015) Analisis Pendidikan Karakter Religius dan Disiplin pada Anak Usia Sekolah Dasar(Studi Kasus pada SDIT Muhammadiyah Al-Kautsar Gumpang Kartasura Tahun Pelajaran 2014/2015). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI)
PDF (NASKAH PUBLIKASI).pdf

Download (420kB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
PDF (HALAMAN DEPAN).pdf

Download (595kB)
[img] PDF (BAB I)
PDF (BAB I).pdf

Download (145kB)
[img] PDF (BAB II)
PDF (BAB II).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (243kB)
[img] PDF (BAB III)
PDF (BAB III).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB)
[img] PDF (BAB IV)
PDF (BAB IV).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BAB V)
PDF (BAB V).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
PDF (DAFTAR PUSTAKA).pdf

Download (154kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
PDF (LAMPIRAN).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (PERNYATAAN PUBLIKASI ILMIAH)
PDF (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI ILMIAH).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (776kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendidikan karakter religius dan disiplin pada anak usia sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data menerapkan model interaktif melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pendidikan karakter religius dan disiplin pada anak usia sekolah dasar selama ini terbukti cukup baik dengan adanya peran serta fungsi kepala sekolah dan guru yang sangat vital atau penting atas bantuan semua pihak warga sekolah. Usaha sekolah dalam mempertahankan dan meningkatkan pendidikan karakter, yaitu pada pendidikan karakter religius setiap pagi dilaksanakan sholat dhuha berjamaah, sebelum dan sesudah pembelajaran dimulai dengan berdoa serta membaca tahfidz, makan minum berdoa dan tidak boleh berdiri, masuk keluar WC berdoa, taat beribadah, dan menghormati agama lain. Berbeda dengan pendidikan karakter disiplin, yaitu datang tepat waktu, menaati peraturan yang dibuat oleh sekolah, sebelum memasuki ruangan berbaris terlebih dahulu, tidak boleh terlambat, dan adanya polisi anak yang memantau aktivitas siswa dari datang sampai pulang serta jika ada siswa yang bermasalah akan dicatat dan dilaporkan ke guru. Hambatan-hambatan dalam pelaksanaan pendidikan karakter religius dan disiplin di sekolah dasar yakni tidak ada hambatan yang berarti bagi kepala sekolah, guru, dan siswa. Hanya saja bagi kepala sekolah dan guru perlu pendampingan khusus bagi siswa dalam mengembangkan pendidikan karakter religius dan disiplin.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Karakter Religius, Disiplin, Anak
Subjects: Q Science > QH Natural history
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: NURUL ARAFAT
Date Deposited: 28 Jul 2015 03:55
Last Modified: 03 Aug 2015 05:38
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/35168

Actions (login required)

View Item View Item