UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP MELALUI OPTIMALISASI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL (PTK Kelas VII SMP N II Pabelan)

RAHMANTO , MUHAMMAD OKTO (2009) UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP MELALUI OPTIMALISASI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL (PTK Kelas VII SMP N II Pabelan). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A410050213.pdf

Download (36kB)
[img] PDF
A410050213.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (658kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMP dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan sistem persamaan linear satu variabel. Subjek penelitian ini adalah peneliti sendiri sekaligus yang melakukan perencanaan, pengumpulan data, analisis data dan penarikan kesimpulan, subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VII A SMP N II Pabelan dan guru matematika SMP N II Pabelan bertindak sebagai pengamat. Data dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara kualitatif dengan model alur. Hasil penelitian tindakan kelas ini adalah 1).Kemampuan merumuskan/ mendefinisikan masalah mengalami peningkatan yaitu diawal tindakan sebanyak 18 siswa (45%) dan diakhir tindakan menjadi 31 siswa (77.5%), 2). Kemampuan menyeleksi informasi untuk memecahkan masalah mengalami peningkatan yaitu diawal tindakan sebanyak 15 siswa (37.5%) dan diakhir tindakan menjadi sebanyak 30 siswa (75%), 3). Kemampuan mengenali asumsi-asumsi mengalami peningkatan yaitu diawal tindakan sebanyak 19 siswa (47.5%) dan di akhir tindakan menjadi sebanyak 33 siswa (82.5%), 4). Kemampuan merumuskan hipotesis mengalami peningkatan yaitu di awal tindakan sebanyak 14 siswa (35%) dan diakhir tindakan menjadi sebanyak 27 siswa (67.5%) dan 5). Kemampuan menarik kesimpulan mengalami peningkatan yaitu diawal tindakan sebanyak 11 siswa (27.5%) dan diakhir tindakan menjadi sebanyak 26 siswa (65%). Dengan adanya peningkatan kelima aspek tersebut maka dapat diambil kesimpulan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa SMP dalam pembelajaran matematika pokok bahasan sistem persamaan linear satu variabel juga mengalami peningkatan yang cukup berarti.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: berpikir kritis dan pembelajaran kontekstual
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Edy Suparno
Date Deposited: 14 Jul 2009 02:14
Last Modified: 02 May 2011 09:51
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3516

Actions (login required)

View Item View Item