IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN OPEN - ENDED PADA POKOK BAHASAN HIMPUNAN (Eksperimen pada Siswa Kelas VII SMPN 2 Sawit Boyolali)

HASTUTI, NANA LISTINA DWI (2009) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN OPEN - ENDED PADA POKOK BAHASAN HIMPUNAN (Eksperimen pada Siswa Kelas VII SMPN 2 Sawit Boyolali). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A410050206.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (523kB)
[img]
Preview
PDF
A410050206.pdf

Download (33kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan : mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa, antara siswa yang diberi pembelajaran menggunakan pendekatan Open-Ended dan siswa yang diberi pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMPN 2 Sawit tahun ajaran 2008/2009. Sebagai sampel diambil dua kelas, yaitu kelas VII C sebanyak 42 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VII E sebanyak 41 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling. Proses pengumpulan data menggunakan metode tes dan dokumentasi. Pengujian prasyarat analisis menggunakan uji normalitas Liliefors dan uji homogenitas Bartlett. Teknik analisis data menggunakan rumus t-tes. Berdasarkan hasil penelitian dengan = 5 % dapat disimpulkan : t = 2,340 > t = 1,639, maka H ditolak, jadi ada perbedaan prestasi belajar matematika pada pokok bahasan himpunan antara siswa yang diberi pembelajaran menggunakan pendekatan Open-Ended dengan siswa yang diberi pembelajaran konvensional. Penelitian ini menyimpulkan bahwa ada perbedaan prestasi belajar siswa, antara siswa yang diberi pembelajaran dengan pendekatan Open-Ended dan siswa yang diberi pembelajaran konvensional. Implikasi dari penelitian ini adalah pembelajaran matematika menggunakan pendekatan Open-Ended pada pokok bahasan himpunan memberikan prestasi belajar yang lebih baik, sehingga pendekatan Open-Ended dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pendekatan pembelajaran.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran, matematika, himpunan
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Edy Suparno
Date Deposited: 13 Jul 2009 08:38
Last Modified: 02 May 2011 09:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3512

Actions (login required)

View Item View Item