Penerapan Strategi Stad Pada Mata Pelajaran IPS Materi Dataran Rendah Kelas VII SMP Negeri 1 Gatak Tahun Ajaran 2014/2015

Rofiatun, Fitri Nur and , M. Amin Sunarhadi, S.Si., M.P. (2015) Penerapan Strategi Stad Pada Mata Pelajaran IPS Materi Dataran Rendah Kelas VII SMP Negeri 1 Gatak Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI)
JURNAL PUBLIKASI.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (3MB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (312kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (220kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)
[img] PDF (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
SURAT PERNYATAAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mentgetahui (1) apakah dengan mengunakan strategi Student Team chievemenenggunakat Devisions (STAD) dapat mencapai tujuan pembelajaran yang akan dicapai pada materi dataran rendah, (2) apakah dengan menggunakan startegi STAD lebih efektiv dibandingkan dengan menggunakan strategi konvensional. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah test, observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang diguankan pada penelitian ini adalah kuantitatif yang diperoleh dari nilai pretest dan post test. Metode pada penelitian ini adalah ekperimen dangan populasi peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Gatak Sukoharjo sebanyak 290 peserta didik dari kelas VII A – VII I. Kelas ekperimen pada penelitian ini menggunakan strategi Student Team Achievement Devisions (STAD) dan kelas kontrol pada penelitian ini menggunakan metode konvensional dengan ceramah. Berdasarkan jumlah keseluruhan kelas maka 4 kelas kontrol dengan menggunakan strategi konvensional dan 5 kelas ekperimen menggunakan strategi Student Team Achievement Devisions (STAD). Hasil penelitian menunjukkan (1) penerapan strategi Student Team Achievemen Devisions (STAD) pada materi dataran rendah pada kelas VII SMP Negeri 1 Gatak Sukoharjo menunjukkan peningkatan pada nilai rata-rata hasil pembelajaran 20,42 dari 71,9 nilai rata-rata pre test sebesar 71,99 dan nilai rata-rata post test sebesar 92,41. (2) Berdasarkan perbandingan antara nilai rata-rata kelas kontrol dan kelas ekperimen tidak terlalu banyak berbedaan namun mengalami berbedaan sebesar 5,96 dari nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 86,45 dan nilai rata-rata kelas ekperimen sebesar 92,41.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Student Team Achievement Devisions (STAD), tujuan pembelajaran.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: Fitri Nur Rofiatun
Date Deposited: 27 Jul 2015 06:02
Last Modified: 11 Oct 2021 05:21
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/35096

Actions (login required)

View Item View Item