Augmented Reality Edugame Daur Hidup Makhluk Hidup Berbasis Android

Prihantoro, Herlambang (2015) Augmented Reality Edugame Daur Hidup Makhluk Hidup Berbasis Android. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH-PUBLIKASI.pdf

Download (290kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
Halaman Depan.pdf

Download (324kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (745kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (210kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (674kB) | Request a copy
[img] PDF (Surat Pernyataan)
Surat Pernyataan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB) | Request a copy

Abstract

Hewan dan tumbuhan di sekitar lingkungan sangat beragam dan masing – masing dari mereka memeliki pola pertumbuhan atau fase yang berbeda tetapi beberapa orang kurang paham dengan fase tersebut. Oleh karena itu dibutuhkan ide untuk mengembangkan bahan ajar yang efisien dan inovatif. Dari permasalahan tersebut, peneliti mengembangkan sebuah game edukasi berbasis android. Game ini dapat dimainkan pada smartphone sehingga permainan ini dapat memicu belajar bagi siswa. Permainan ini menggunakan jenis mengisi dan mencocokan gambar, dan menampilkan ringkasan materi detail tentang daur hidup makhluk hidup beserta objek 3D. Materi dalam game ini telah disesuaikan dengan soal / materi yang terdapat pada buku tematik “Peduli Terhadap Lingkungan” bersubtema “Mengenal Keanegaraman Makhluk Hidup” . Aplikasi Edugame ini diimplementasikan di SDIT Muhammadiyah Al-Kautsar Kartasura Kelas IV A. Hasil dari penelitian berupa aplikasi dan kuisioner yang telah di uji validitas dan reliabilitasnya dengan SPSS dan membuktikan bahwa aplikasi ini dapat berjalan dengan baik serta membantu siswa dalam belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Edugame, Media Pembelajaran, Daur Hidup Makhluk Hidup
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Teknik Informatika
Depositing User: Herlambang Prihantoro
Date Deposited: 30 Jul 2015 05:45
Last Modified: 30 Jul 2015 06:14
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/35094

Actions (login required)

View Item View Item