Motivasi Siswa Melanjutkan Studi Perguruan Tinggi Ditinjau Dari Sosial Ekonomi Orangtua Dan Peluang Kesempatan Kerja Pada Siswa Kelas Xii Ips Sma Negeri 1 Teras Tahun Ajaran 2014/2015

WIDYANINGRUM, PUTRI and , Dr. Wafroturrohmah, SE. MM (2015) Motivasi Siswa Melanjutkan Studi Perguruan Tinggi Ditinjau Dari Sosial Ekonomi Orangtua Dan Peluang Kesempatan Kerja Pada Siswa Kelas Xii Ips Sma Negeri 1 Teras Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
01.HALAMAN DEPAN.pdf

Download (769kB)
[img] PDF (Bab I)
02.BAB I.pdf

Download (35kB)
[img] PDF (Bab II)
03.BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (74kB)
[img] PDF (Bab III)
04.BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)
[img] PDF (Bab IV)
05.BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (244kB)
[img] PDF (Bab V)
06.BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img] PDF (Daftar PUstaka)
07.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (65kB)
[img] PDF (Lampiran)
08.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
09.NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (409kB)
[img] PDF (Pernyataan)
10.SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (261kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh sosial ekonomi orang tua terhadap motivasi siswa melanjtukan studi perguruan tinggi pada siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Teras tahun ajaran 2014/2015;2) pengaruh peluang kesempatan kerja terhadap motivasi siswa melanjtukan studi perguruan tinggi pada siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Teras tahun ajaran 2014/2015;3) pengaruh sosial ekonomi orangtua dan peluang kesempatan kerja terhadap motivasi siswa melanjtukan studi perguruan tinggi pada siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Teras tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini termasuk jenis penelitian diskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Teras tahun ajaran 2014/2015 sebanyak 154 siswa. Sampel diambil sebanyak 105 siswa dengan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas dan reliabilitasnya.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji t, uji F, koefisien determinasi dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi menunjukkan persamaan garis regresi: Y= 23,078+ 0,140X1 + 0,446X2. .Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah: 1) ada pengaruh positif antara sosial ekonomi orang tua terhadap motivasi studi perguruan tinggi. Hal ini terbukti dari hasil uji t yang memperolehthitung > ttabel yaitu 2,425 > 2,274 (α = 5%) dan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,017; 2) ada pengaruh positif antara peluang kesempatan kerja terhadap studi perguruan tinggi. Hal ini terbukti dari hasil uji t yang memperolehthitung > ttabel yaitu 5,838 > 2,274 (α = 5%) dan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,000 ; 3) ada pengaruh positif antara sosial ekonomi orang tua dan peluang kesempatan kerja terhadap motivasi studi perguruan tinggi. Hal ini terbukti dari hasil uji F yang memperoleh Fhitung > Ftabel yaitu 26,942 > 3,085 pada taraf signifikansi 5%. 4) variabel X1 memberikansumbangan relatif sebesar 21% dan sumbangan efektif sebesar 7,3%, variabel X2 memberikansumbangan relatif sebesar 79% dan sumbangan efektif sebesar 27,3%. Hasil perhitungan untuk nilai R2 diperoleh 0,346 yang berarti 34,6% motivasi studi perguruan tinggi dipengaruhi oleh sosial ekonomi orang tua dan peluang kesempatan kerja, sisanya sebesar 65,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: sosial ekonomi orang tua, peluang kesempatan kerja, motivasi studi perguruan tinggi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: a210110085
Date Deposited: 27 Jul 2015 03:59
Last Modified: 11 Oct 2021 07:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/35075

Actions (login required)

View Item View Item