EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA SMP MELALUI STRATEGI THINK TALK WRITE (TTW) DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA (Pada siswa kelas VIII Semester II Tahun pelajaran 2008/2009 SMP Negeri 1 Kartasura)

PERSISTRI , FAJAR (2009) EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA SMP MELALUI STRATEGI THINK TALK WRITE (TTW) DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA (Pada siswa kelas VIII Semester II Tahun pelajaran 2008/2009 SMP Negeri 1 Kartasura). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A410050201.pdf

Download (28kB)
[img] PDF
A410050201.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (358kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Pengaruh penggunaan strategi pembelajaran Think Talk Write terhadap prestasi belajar siswa, (2) Pengaruh kemandirian belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa, (3) Interaksi antara strategi pembelajaran dan kemandirian belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kartasura. Sampel diambil 85 siswa yang terbagi dua kelas, yaitu 43 siswa untuk kelas eksperimen dan 42 siswa untuk kelas kontrol, dengan teknik pengambilan sampelnya adalah random sampling. Metode pengumpulan datanya adalah metode tes dan angket sebagai metode pokok, sedangkan dokumentasi sebagai metode bantu. Data kemandirian belajar siswa diambil dengan metode angket. Data prestasi belajar siswa diambil dengan metode tes dan dokumentasi. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan analisis datanya menggunakan anava dua jalan dengan sel tak sama. Sebagai tindak lanjut dari analisis variansi dilakukan uji scheffe. Dari hasil analisis dengan taraf signifikansi 0,05 menunjukkan bahwa (1) Tidak ada pengaruh penggunaan strategi pembelajaran Think Talk Write dan metode konvensional terhadap prestasi belajar siswa, dengan Fhitung = 0,21, (2) Ada pengaruh kemandirian belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, dengan Fhitung = 3,65, (3) Tidak terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan kemandirian belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika dengan Fhitung = 0,77.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: strategi, think-talk-write, kemandirian-belajar, prestasi-belajar.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Edy Suparno
Date Deposited: 13 Jul 2009 08:13
Last Modified: 31 Jan 2011 06:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3502

Actions (login required)

View Item View Item