PENGARUH SIKAP MAHASISWA ATAS PROFESI GURU PKn DAN PEMAHAMAN TENTANG KOMPETENSI GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR PPL MAHASISWA JURUSAN PKn FKIP UMS TAHUN AKADEMIK 2007/2008

ARIFIN, FEBRI (2009) PENGARUH SIKAP MAHASISWA ATAS PROFESI GURU PKn DAN PEMAHAMAN TENTANG KOMPETENSI GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR PPL MAHASISWA JURUSAN PKn FKIP UMS TAHUN AKADEMIK 2007/2008. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A220050015.pdf

Download (36kB)
[img]
Preview
PDF
A220050015.pdf

Download (354kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, 1) pengaruh sikap mahasiswa atas profesi guru PKn terhadap prestasi belajar program pengalaman lapangan.,2) pengaruh pemahaman tentang kompetensi guru. terhadap prestasi belajar program pengalaman lapangan.. 3) apakah ada pengaruh positif yang (signifikan) dari sikap mahasiswa atas profesi guru PKn dan pemahaman tentang Kompetensi guru terhadap prestasi belajar program pengalaman lapangan tahun akademik 2007/2008. Pengumpulan data menggunakan metode angket untuk data sikap atas profesi guru PKn dan pemahaman tentang kompetensi guru, serta metode dokumentasi untuk data prestasi belajar PPL. Uji statistik yang digunakan adalah uji t dan analisis regresi linear ganda dua prediktor. Hasil perhitungan uji t diperoleh tb1 (5,502) > ttabel (2,052), maka Ho ditolak, berarti ada pengaruh sikap mahasiswa atas profesi guru PKn secara individu terhadap prestasi belajar PPL, sedangkan hasil perhitungan tb2 (4,181) > ttabel (2,052), maka Ho ditolak, berarti ada pengaruh Pemahaman kompetensi guru secara individu terhadap prestasi belajar PPL. Analisis regresi linear ganda memperoleh harga Freg = 28,347, dikonsultasikan dengan Ftabel pada taraf signifikansi 5% dengan db (2;27) adalah sebesar 3,35, hasilnya Fhitung > Ftabel = 28,347 > 3,35, sehingga hipotesis yang menyatakan ada pengaruh sikap atas profesi guru PKn dan pemahaman kompetensi guru terhadap Prestasi belajar PPL dinyatakan dapat diterima. Hasil analisis menunjukkan variabel sikap atas mahasiswa atas profesi guru PKn memberikan sumbangan relatif (SR%X1) sebesar 61,6% dan sumbangan efektif (SE%X1) sebesar 41,7%. Pemahaman kompetensi guru memberikan sumbangan relatif (SR%X2) sebesar 38,4% dan sumbangan efektif (SE%X2) sebesar 26,0%, sehingga nampak bahwa variabel sikap mahasiswa atas profesi guru PKn memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap prestasi belajar PPL dibandingkan variabel Pemahaman kompetensi guru

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kopetensi guru,profesi guru
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 13 Jul 2009 07:56
Last Modified: 24 Oct 2011 05:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3497

Actions (login required)

View Item View Item