Kreativitas Belajar Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis Dan Lingkungan Belajar Siswa Kelas XI Di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015

Munawar, Munawar and , Dr. Wafroturrohmah, SE. MM (2015) Kreativitas Belajar Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis Dan Lingkungan Belajar Siswa Kelas XI Di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf

Download (803kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
Halaman Depan.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
BAB 1.pdf

Download (157kB)
[img] PDF (Bab II)
bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (254kB)
[img] PDF (Bab III)
bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (345kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (368kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (87kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Pernyataan Publikasi Ilmiah)
Pernyataan Publikasi Ilmiah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (471kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui perbedaan kreativitas belajar siswa ditinjau dari kemampuan berfikir kritis siswa 2) Untuk mengetahui perbedaan kreativitas belajar siswa ditinjau dari lingkungan belajar siswa. 3) Untuk mengetahui perbedaan kreativitas belajar siswa ditinjau dari kemampuan berfikir kritis dan lingkungan belajar siswa. Jenis penelitian yang digunkan adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Surakarta dengan sampel 139 siswa yang diambil dengan teknik proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket yang telah diuji cobakan dengan uji validitas dan uji reabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis varian dua arah. Berdasarkan dari analisis varian dua arah didapatkan hasil sebagai berikut: 1) variabel kemampuan berpikir kritis dibagi menjadi dua kriteria yaitu, a) berpikir kritis tinggi > 44,06 sebanyak 66 siswa dan b) berpikir kritis rendah < 44,06 sebanyak 73 siswa. 2) variabel lingkungan belajar dibagi menjadi dua kriteria yaitu, a) baik > 43,85 sebanyak 74 siswa b) buruk < 43,85 sebanyak 65 siswa. 3) pengujian hipotesis pertama Fhitung 0,000 probabilitas 0,986 dan Ftabel 3,0627 dengan nilai signifikansi 0,05 sehingga 0,000 < 3,0627 dan 0,986 > 0,05, 4) pengujian hipotesis kedua Fhitung 1,021 probabilitas 0,314dan Ftabel 3,0627 dengan nilai signifikansi 0,05 sehingga 1,021 < 3,0627 dan 0,314 > 0,05, 5) pengujian hipotesis ketiga Fhitung 0,372 probabilitas 0,543 dan Ftabel 3,91075 dengan nilai signifikansi 0,05 sehingga 0,372 < 3,91075 dan 0,543 > 0,05. Berdasarkan analisis dan pembahasan dapat disimpulkan, 1) tidak ada perbedaan kreativitas belajar berdasarkan kemampuan berpikir kritis. Hal ini terbukti dengan perhitungan Fhitung < Ftabel dan probabilitas > nilai signifikansi atau 0,000 < 3,0627 dan 0,986 > 0,05, 2) tidak ada perbedaan kreativitas belajar berdasarkan lingkunan belajar. Hal ini terbukti dengan perhitungan Fhitung < Ftabel dan probabilitas > nilai signifikansi atau 1,021 < 3,0627 dan 0,314 > 0,05, 3) tidak ada perbedaan kreativitas belajar berdasarkan kemampuan berpikir kritis dan lingkungan belajar. Hal ini terbukti dengan perhitungan Fhitung < Ftabel dan probabilitas > nilai signifikansi atau 0,372 < 3,91075 dan 0,543 > 0,05.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kreativitas belajar,berpikir kritis dan lingkungan belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Munawar
Date Deposited: 15 Jul 2015 03:06
Last Modified: 11 Oct 2021 07:28
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/34948

Actions (login required)

View Item View Item