Pelaksanaan Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Dan Problrmatikanya (Studi Kasus SMP Muhammadiyah 5 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015)

Laili Latifah, Dyah (2015) Pelaksanaan Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Dan Problrmatikanya (Studi Kasus SMP Muhammadiyah 5 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf

Download (290kB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (870kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I.pdf

Download (89kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img] PDF (BAB VI)
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (204kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Pernyataan Publikasi)
Pernyataan Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB)

Abstract

Pembelajaran mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (selanjutnya disingkat SKI) masih ada yang menganggap bahwa pembelajaran sejarah ini tidak lebih dari rangkaian angka tahun dan urutan peristiwa yang harus diingat kemudian diungkap kembali pada saat menjawab soal ujian.Kenyataan itu tidak dapat dipungkiri, karena memang hal semacam itu masih terjadi sampai sekarang. Akibatnya, pelajaran sejarah kurang diminati dan dianggap sebagai pelajaran ringan. Padahal, hakikat pembelajaran sejarah (termasuk SKI) bukan semata-mata peserta didik harus hafal fakta dan angka tahun saja, melainkan menjadikan peserta didik mampu mengenal jati dirinya melalui penemuan nilai-nilai positif yang harus diteladani dan nilai-nilai negatif yang harus ditinggalkan dan tidak diulangi. Berdasarkan latar belakang dapat dirumuskan permasalahan tentang Bagaimanakah Pelaksanaan Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VIII C SMP Muhammadiyah 5 Surakarta dan Hambatan apa saja yang dihadapi oleh guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VIII C SMP Muhammadiyah 5 Surakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di SMP Muhammadiyah 5 Surakarta dan mendeskripsikan hambatan yang dihadapi oleh guru dalam pelaksanaan pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di SMP Muhammadiyah 5 Surakarta. Jenis penelitian ini tergolong penelitian lapangan (Field research). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi dan wawancara. Sedangkan untuk menganalisis hasil penelitian ini, digunakan pendekatan analisis deskriptif kualitatif yang terdiri dari lima kegiatan yaitu mengumpulkan data dan menelaah seluruh data dari berbagai sumber (wawancara, observasi, dan dokumentasi), mereduksi data, kemudian difilter yang sesuai dengan teori dan rumusan masalah, data disajikan dalam bentuk narasi, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa problematika metode pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam yang ada di SMP Muhammadiyah 5 Surakarta kelas VIII C diwujudkan dalam lima komponen yang saling mempengaruhi, yaitu tujuan pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, guru dan siswa. Komponen tersebut dirancang dan diarahkan agar dalam pelaksanaannya siswa aktif dalam pembelajarannya, pada pelaksanaan pembelajaran yang terjadi di kelas VIII C secara umum metode yang diterapkan adalah ceramah,tanya jawab, diskusi, dan penugasan. Pada praktiknya pembelajaran SKI masih memiliki problematika yang terjadi saat pelaksanan pembelajaran di kelas. Di antaranya yang muncul adalah metode yang kurang bervariasi, media yang kurang mendukung dan keadaan lingkungan yang mempengaruhi proses pembelajaran.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pelaksanaan pembelajaran, sejarah kebudayaan Islam, problematika pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Agama Islam > Tarbiyah
Depositing User: Dyah Laili Latifah
Date Deposited: 27 Jul 2015 04:34
Last Modified: 28 Jul 2015 01:46
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/34929

Actions (login required)

View Item View Item