Peran Masjid Dalam Pendidikan Islam Nonformal Untuk Pembinaan Umat (Studi Kasus di Masjid Mardhatillah Gempol Ngadirejo Kartasura Sukoharjo)

Husein, Saddam and , Dr. Ari Anshori, M.Ag and , Dr. Mutohharun Jinan, M.Ag (2015) Peran Masjid Dalam Pendidikan Islam Nonformal Untuk Pembinaan Umat (Studi Kasus di Masjid Mardhatillah Gempol Ngadirejo Kartasura Sukoharjo). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
02. Naskah Publikasi.pdf

Download (864kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
03. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
04. BAB I.pdf

Download (268kB)
[img] PDF (Bab II)
05. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (355kB)
[img] PDF (Bab III)
06. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB)
[img] PDF (Bab IV)
07. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (258kB)
[img] PDF (Bab V)
08. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB)
[img] PDF (Bab VI)
09. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (209kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
10. Daftar Pustaka.pdf

Download (211kB)
[img] PDF (Lampiran)
11. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Artikel Publikasi)
01. Surat Pernyataan Publikas Karya Ilmiah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (267kB)

Abstract

Dalam menjalani kehidupan ini, manusia tidak bisa lepas dari pendidikan, karena pendidikan merupakan upaya sadar untuk membantu manusia menemukan jati dirinya, sehingga bisa mengetahui dari mana ia berasal, tercipta dari apa, mengapa ia diciptakan dan ke mana kelak ia akan kembali, kemudian akan mempertanggung jawabkan semua prilakunya selama hidup. Rasulullah SAW pada awal Islam sudah sangat konsen dalam pendidikan Islam, beliau mulai mendidik dan mengajari umatnya (sahabat) di rumah salah satu sahabat beliau yang bernama al-Arqām bin Abī al-Arqām (Dāru al-Arqām), selanjutnya pendidikan beliau pusatkan di masjid, dibuktikan dengan pembangunan masjid Nabawi yang difungsikan sebagai tempat ibadah, pendidikan, musyawarah, dan lain-lain. Maka tidak heran jika salah satu wadah pendidikan Islam nonformal yang ada di Indonesia adalah masjid. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana peran masjid Mardhatillah dalam pendidikan Islam Nonformal untuk pembinaan umat?”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran masjid Mardhatillah dalam pendidikan Islam nonformal, dan untuk mengetahui bagaimana pendidikan Islam nonformal di masjid Mardhatillah dapat membina umat. Manfaat penelitian diharapkan dapat menambah wawasan keilmuan dan pengetahuan kongkrit tentang peran masjid dalam pendidikan Islam, serta dapat memberikan masukan dan pemberitahuan, sumbangan ide dan pemikiran, juga sebagai bahan pertimbangan dalam pengembangan pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, karena penelitian dilakukan di lingkungan masyarakat dan panti asuhan anak yatim, dan data yang diteliti adalah kualitatif, yakni penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari ketua Yayasan Panti Asuhan Mardhatillah, ketua takmir masjid Mardhatillah, imam rawatib, sebagian jama’ah masjid Mardhatillah, dan anggota takmir masjid. Adapun metode pengumpulan data dalam skripsi ini dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa masjid Mardhatillah telah memerankan fungsinya sebagai wadah pendidikan Islam nonformal, hal ini dibuktikan dengan diadakannya kultum subuh dan magrib, kajian remaja di malam hari, TPQ, pengajian ibu-ibu majlis ta’lim, pengajian lansia, dan juga kegiatan tahunan yang berbau pendidikan Islam. Pendidikan Islam nonformal yang dilaksanakan di masjid Mardhatillah merupakan sarana dan pembantu dalam pembinaan umat Islam, khususnya bagi masyarakat Gempol Ngadirejo Kartasura, karena pendidikan Islam nonformal yang ada telah termasuk ke dalam beberapa metode pembinaan umat, yaitu metode bi al-lisān (ceramah), metode tanya jawab, dan metode bi al-yad (contoh teladan).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran Masjid, Pendidikan Islam, Pembinaan Umat.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: SADDAM HUSEIN
Date Deposited: 14 Jul 2015 05:55
Last Modified: 06 Oct 2021 14:05
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/34921

Actions (login required)

View Item View Item