Implikatur Percakapan Nonkonvensional Dalam Wacana Pertemuan Di Kalangan Ibu-Ibu PKK Di Desa Jatirejo Kecamatan Ngargoyoso Kabupaten Karanganyar

SURYANINGSIH, Asri and , Prof. Dr. Harun Djoko Prayitno, M.Hum. (2015) Implikatur Percakapan Nonkonvensional Dalam Wacana Pertemuan Di Kalangan Ibu-Ibu PKK Di Desa Jatirejo Kecamatan Ngargoyoso Kabupaten Karanganyar. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (378kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
Halaman Depan.pdf

Download (409kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I.pdf

Download (86kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (276kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf

Download (84kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (305kB)
[img] PDF (Pernyataan Publikasi)
Surat Pernyataan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (256kB)

Abstract

Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan bentuk-bentuk implikatur percakapan nonkonvensional yang ditemukan dalam wacana pertemuan ibu-ibu PKK di desa Jatirejo Kecamatan Ngargoyoso Kabupaten Karanganyar, 2) Mendeskripsikan strategi implikatur percakapan nonkonvensional apa sajakah yang ditemukan dalam wacana pertemuan ibu-ibu PKK di desa Jatirejo Kecamatan Ngargoyoso Kabupaten Karanganyar. Jenis penelitian ini termasuk penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Subjek dari penelitian ini yaitu ibu-ibu PKK yang tinggal di desa Jatirejo Kecamatan Ngargoyoso Kabupaten Karanganyar. Obyek penelitian adalah implikatur percakapan nonkonvensoinal yang dilakukan oleh ibu-ibu PKK di desa Jatirejo Kecamatan Ngargoyoso Kabupaten Karanganyar. Data yang dikumpulkan untuk penelitian ini adalah kalimat di dalam percakapan yang terjadi selama pertemuan ibu-ibu PKK di desa Jatirejo yang mengandung tuturan implikatur nonkonvensional. Sumber data dalam penelitian ini adalah percakapan atau dialog yang mengandung implikatur nonkonvensional dalam pertemuan ibu-ibu PKK di desa Jatirejo Kecamatan Ngargoyoso Kabupaten Karanganyar. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah teknik rekam dan teknik simak catat. Ada dua hal yang perlu disampaikan sebagai hasil penelitian, yaitu: 1) Bentuk-bentuk implikatur percakapan nonkonvensional yang ditemukan ada 9 jenis bentuk implikatur percakapan, yaitu Implikatur yang mempunyai maksud kesediaan sebanyak 2, Implikatur yang mempunyai maksud menolak sebanyak 2, Implikatur yang mempunyai maksud memberi saran sebanyak 1, Implikatur yang mempunyai maksud memberitahu sebanyak 1, Implikatur yang mempunyai maksud memerintah sebanyak 3, Implikatur yang mempunyai maksud ajakan sebanyak 2, Implikatur yang mempunyai maksud dugaan sebanyak 2, Implikatur yang mempunyai maksud keraguan sebanyak 2, dan Implikatur yang mempunyai maksud ejekan sebanyak 3. 2) strategi implikatur percakapan nonkonvensional yang ditemukan dalam wacana pertemuan ibu-ibu PKK di desa Jatirejo Kecamatan Ngargoyoso Kabupaten Karanganyar, yaitu: a) Jenis strategi implikatur kompetitif meliputi meminta 3, b) Jenis strategi implikatur menyenangkan meliputi mengucapkan terima kasih sebanyak 3, c) Jenis strategi implikatur bekerja sama meliputi mengumumkan dan melaporkan sebanyak 4, d) Jenis strategi implikatur bertentangan meliputi memarahi sebanyak 2.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: implikatur, percakapan nonkonvensional, wacana,
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Asri Suryaningsih
Date Deposited: 14 Jul 2015 06:15
Last Modified: 07 Oct 2021 02:00
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/34909

Actions (login required)

View Item View Item