Pengembangan Bahan Ajar Buku Mata Pelajaran Ips Sub-Sub Tema Bentuk Muka Bumi Dan Aktivitas Penduduk Indonesia Untuk Siswa Kelas VII

Saputro, Andi Sahdam and , Drs. Muhammad Musiyam, M.TP (2015) Pengembangan Bahan Ajar Buku Mata Pelajaran Ips Sub-Sub Tema Bentuk Muka Bumi Dan Aktivitas Penduduk Indonesia Untuk Siswa Kelas VII. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI fik.pdf

Download (544kB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN FIK.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I fik.pdf

Download (4MB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II fik.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III fik.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (538kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV fik.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V fik.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA fik.pdf

Download (34kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN BETUL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] PDF (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI fik.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (685kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah penyediaan buku teks pelajaran yang ada terdapat kelemahan, misalnya dari segi informasi, tulisan, tata letak gambar, dan visualisai gambar, sehingga hasil pembelajaran kurang efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui kriteria buku ajar yang diinginkan siswa dan efektifitas bahan ajar buku yang dikembangkan untuk meningkatkan hasil belajar siswa di SMP Muhammadiyah 10 Surakarta, dengan mengembangkan produk bahan ajar buku sub-sub tema bentuk muka bumi dan aktivitas penduduk Indonesia. Model pengembangan penelitian ini menggunakan Dick And Carrey, dengan melakukan pre test - post test pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil pengembangan produk bahan ajar buku ini melalui tahap validasi dosen ahli dan melalui tahap resvisi. hasil respon siswa dengan nilai rata-rata 3,18 dikategorikan baik dan guru dengan rata-rata nilai 3,57 dikategorikan sangat baik. Sedangkan hasil dari penelitian dengan menggunkan produk bahan ajar buku. Nilai rata-rata kelas eksperimen pre test 65,87- post test menjadi 81,62 dan nilai rata-rata kelas kontrol pre test 63,33 – post test menjadi 74,33. Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan singnifikasn antara kelas eksperimen sesudah mendapat perlakuan produk bahan ajar buku mengenal muka bumi Indonesia dan kotrol tanpa perlakuan produk

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, buku, dan hasil belajar siswa
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: ANDI SAHDAM SAPUTRO
Date Deposited: 14 Jul 2015 05:30
Last Modified: 11 Oct 2021 04:27
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/34901

Actions (login required)

View Item View Item