PENINGKATAN KEDISIPLINAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN CREATIVE PROBLEM SOLVING ( CPS ) PADA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 4 SURAKARTA

NOVIYANTI , DWI ASTUTI (2009) PENINGKATAN KEDISIPLINAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN CREATIVE PROBLEM SOLVING ( CPS ) PADA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 4 SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A410050194.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF
A410050194.pdf

Download (116kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mendiskripsikan peningkatan kedisiplinan belajar matematika melalui pendekatan creative problem solving, (2) Mendiskripsikan peningkatan prestasi belajar matematika setelah menggunakan pendekatan creative problem solving. Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyah 4 Surakarta yang berjumlah 38 siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, catatan lapangan, review dan dokumentasi. Pada penelitian tindakan kelas ini, analisis data yang digunakan adalah metode alur yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kedisiplinan dan prestasi belajar siswa. Hal ini tingkat kedisiplinan dapat dilihat dari (1) Memperhatikan penjelasan guru sebelum penelitian tindakan hanya 9 siswa (24%), pada putaran I mencapai 18 siswa (47%), pada putaran II mencapai 25 siswa (66%), dan pada putaran III mencapai 30 siswa (79%). (2) Menyelesaikan tugas tepat waktu sebelum adanya penelitian tindakan hanya 12 siswa (31%), pada putaran I mencapai 20 siswa (52%), putaran II mencapai 23 siswa (60%), dan putaran III mencapai 26 siswa (68%) (3) Datang tepat waktu sebelum adanya penelitian tindakan hanya 16 siswa (42%), pada putaran I mencapai 20 siswa (52%), pada putaran II mencapai 25 siswa (66%), dan putaran III mencapai 28 siswa (73%). (4) mengulang materi yang telah disampaikan sebelum adanya penelitian tindakan hanya 7 siswa (18%), pada putaran I mencapai 13 siswa (34%), pada putaran II mencapai 20 siswa (52%), dan pada putaran III mencapai 26 siswa (68%). (5) Menyelesaikan pekerjaan rumah sebelum adanya penelitian tindakan hanya 20 siswa (52%), pada putaran I mencapai 22 siswa (58%), pada putaran II mencapai 24 siswa (63%), dan putaran III mencapai 27 siswa (71%), sedangkan tingkat prestasi belajar dapat dilihat dari (1) Menguasai materi yang disampaikan sebelum adanya penelitian tindakan hanya 9 siswa (24%), pada putaran I mencapai 18 siswa (47%), pada putaran II mencapai 25 siswa (66%), dan putaran III mencapai 30 siswa (79%). (2) menyelesaikan soal-soal sebelum adanya penelitian tindakan hanya 16 siswa (42%), pada putaran I mencapai 20 siswa (52%), pada putaran II mencapai 24 siswa (63%), dan putaran III mencapai 28 siswa (73%). Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendekatan creative problemsolving dapat meningkatkan kedisiplinan dan prestasi belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kedisiplinan, Prestasi Belajar dan Creative Problem Solving (CPS).
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Edy Suparno
Date Deposited: 13 Jul 2009 07:26
Last Modified: 02 May 2011 10:02
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3489

Actions (login required)

View Item View Item