PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN TIPE SNOW BALL DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA (PTK VIII B SMP Muhammadiyah 8 Surakarta Tahun Ajaran 2008

Kurniati, Erwin (2009) PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN TIPE SNOW BALL DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA (PTK VIII B SMP Muhammadiyah 8 Surakarta Tahun Ajaran 2008. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A410050186.pdf

Download (60kB)
[img] PDF
A410050186.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (471kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk untuk 1) mengetahui peningkatan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran matematika melalui penerapan pendekaan kontekstual dengan strategi pembelajaran tipe Snow Ball. 2) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan pendekatan kontekstual dengan strategi pembelajaran tipe Snow Ball. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode pokok yang meliputi observasi dan tes tertulis serta metode bantu yang meliputi catatan lapangan, wawancara dan dokumetasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan uji kredibilitas. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: 1) penerapan pendekatan kontekstual dengan strategi pembelajaran tipe Snow Ball dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika, (a) keaktifan siswa dalam bertanya pada guru atau siswa lain mengalami peningkatan sebesar 46,69%, (b) keaktifan siswa berinteraksi dalam diskusi kelompok mengalami peningkatan sebesar 27,15%, (c) keaktifan siswa dalam menjawab atau memberikan pendapat mengalami peningkatan sebesar 32,90%, (d) keaktifan siswa dalam mengerjakan soal latihan di depan kelas mengalami peningkatan sebesar 16,95%, dan (e) keaktifan siswa dalam mengerjakan soal diskusi di buku catatan mengalami peningkatan sebesar 27,88%. 2) penerapan pendekatan kontekstual dengan strategi pembelajaran tipe Snow Ball dapat meningkatkan hasil belajar matematika yang ditunjukan dengan adanya peningkatan ketuntasan belajar dan nilai rata-rata siswa. Ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 38,71% dan nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan sebesar 35,49%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Pendekatan Kontekstual, Snow Ball, Keaktifan, Hasil belajar.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Edy Suparno
Date Deposited: 13 Jul 2009 03:38
Last Modified: 16 Nov 2010 14:00
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3481

Actions (login required)

View Item View Item