IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE QUESTION STUDENT HAVE TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DITINJAU DARI KREATIVITAS BELAJAR SISWA (Semester II tahun pelajaran 2008/2009)

Harwati, Ema (2009) IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE QUESTION STUDENT HAVE TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DITINJAU DARI KREATIVITAS BELAJAR SISWA (Semester II tahun pelajaran 2008/2009). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A410050176.pdf

Download (75kB)
[img] PDF
A410050176.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh strategi pembelajaran tehadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh kreativitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) interaksi antara strategi pembelajaran dan kreativitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas X SMA N 1 Kartasura yang terdiri dari 9 kelas. Sampel yang diambil sebanyak 79 siswa yang terbagi dalam 2 kelas yaitu kelas XI sebanyak 39 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas XG sebanyak 40 siswa sebagai kelas eksperimen dengan teknik pengambilan sampelnya adalah cluster random. Penelitian ini berupa penelitian eskperimentasi dengan metode pengumpulan datanya adalah metode dokumentasi, angket dan tes. Persyaratan uji analisis dilakukan dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Analisis data menggunakan analisis variansi (anava) dua jalur. Hasil pengujian hipotesis menggunakan menunjukkan (1) Fhitung = 0.01 < Ftabel = 3,97 sehingga H0 diterima yang berarti tidak terdapat pengaruh strategi pembelajaran tehadap prestasi belajar matematika, (2) F hitung = 4.65 > F tabel= 3,12 sehingga H0 ditolak yang berarti terdapat pengaruh kreativitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) F hitung = 1,11 < F tabel = 3,12 sehingga H0 diterima yang berarti tidak ada interaksi antara strategi pembelajaran dan kreativitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: strategi pembelajaran, prestasi belajar, dan kreativitas belajar siswa.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Edy Suparno
Date Deposited: 11 Jul 2009 04:13
Last Modified: 02 Jan 2012 10:08
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3476

Actions (login required)

View Item View Item