Pertemuan Sunni – Syi’ah Dalam Bidang Pendidikan Islam (Studi Pemikiran Azyumardi Azra Dan Jalaludin Rakhmat) Tahun 2007 – 2012

Maghfuroh, Sofiyatun (2015) Pertemuan Sunni – Syi’ah Dalam Bidang Pendidikan Islam (Studi Pemikiran Azyumardi Azra Dan Jalaludin Rakhmat) Tahun 2007 – 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I.pdf

Download (199kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (607kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (219kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (299kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (326kB)
[img] PDF (BAB VI)
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (199kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (253kB)
[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI VALID.pdf

Download (710kB)

Abstract

Pendidikan Islam adalah bimbingan atau pimpinan secara sadar oleh si pendidik terhadap perkembangan jasmani dan rohani si terdidik menuju terbentuknya kepribadian yang utama berdasakan ukuran-ukuran Islam. Azyumardi Azra adalah salah satu tokoh Sunni akan tetapi ia bukanlah representasi Sunni, sedangkan Jalaludin Rakhmat adalah tokoh Syi’ah yang sangat fenomenal di Indonesia. Sunni dan Syi’ah adalah dua wajah yang berbeda dan saling bertentangan sehingga penelitian ini bertujuan untuk: Untuk mendeskripsikan titik pertemuan pendidikan Islam Sunni – Syi’ah dalam pemikiran Azyumardi Azra dan Jalaludin Rakhmat. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan dengan pendekatan kualitatif-deskriptif, serta analisis datanya adalah dengan content analysis. Kerangka dasar ajaran Islam yang senantiasa diimplementasikan dalam pendidikan adalah: akidah, syari’ah, dan akhlak. Selain itu dalam kerangka dasar tersebut yaitu tepatnya bidang Syari’ah terdapat dua bagian pokok didalamnya yaitu ibadah dan muamalah. Selain itu dalam kegiatan mu’amalah tersebut terdapat kegiatan politik dan pernikahan. Sehingga dari kerangka dasar tersebut ditemukan titik pertemuan antara keduanya. Dari penelitian yang telah dilakukan, peneliti menemukan bahwa (1) Pertemuan Sunni – Syi’ah dalam pendidikan Islam hanya terdapat pada aspek muamalah pada kegiatan politik, yaitu pada pentingnya seorang pemimpin dalam pemerintahan serta kedaulatan tertinggi dan pemberian hukum yang tertinggi hanya ada pada Allah SWT. (2) sedangkan pertemuan pemikiran antara Azyumadi Azra dan Jalaludin Rakhmat terdapat dalam pemikirannya mengenai pengertian pendidikan Islam dan tujuan pendidikan Islam yakni: Pendidikan Islam adalah proses untuk pembentukan individu mencapai derajat yang tertinggi dan sempurna untuk mewujudkan tugas individu tersebut dalam menjalankan tugasnya sebagai khalifah di muka bumi dengan tujuan untuk dapat mencapai hidup bahagia di dunia dan di akhirat. Dari banyaknya perbedaan yang ada antara Sunni dan Syi’ah terdapat titik pertemuan keduanya khususnya dalam kegiatan politik pada bidang mu’amalah yang termasuk dalam kerangka dasar pendidikan Islam. Sehingga penulis menyimpulkan bahwasanya perbedaan bukan menjadi penghalang untuk menemukan pertemuan dan persamaan antara keduanya. Perbedaan keduanya bukanlah menjadi alasan untuk saling memusuhi dan saling memojokkan satu sama lain, akan tetapi alangkah baiknya jika tidak melihat dari perbedannya akan tetapi hendaknya dilihat dari persamaan antara keduanya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pertemuan, Pendidikan Islam Sunni, Syi’ah
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Sofiyatun Maghfuroh
Date Deposited: 13 Jul 2015 06:45
Last Modified: 13 Jul 2015 06:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/34758

Actions (login required)

View Item View Item