Studi Kompetensi Profesional Guru Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas Vii (Studi Deskripsi Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Jatinom Tahun 2014/2015)

Tri Syukurillah, Bagus (2015) Studi Kompetensi Profesional Guru Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas Vii (Studi Deskripsi Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Jatinom Tahun 2014/2015). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (NASKAH ARTIKEL PUBLIKASI)
NASKAH ARTIKEL PUBLIKASI.pdf

Download (673kB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I.pdf

Download (355kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (342kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (339kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img] PDF (BAB VI)
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (283kB)
[img] PDF (LAMPIRAN-LAMPIRAN)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (319kB)

Abstract

Rendahnya kualitas pendidikan disebabkan oleh berbagai persoalan, salah satunya adalah kurangnya kompetensi profesional guru. Padahal guru mempunyai tugas yang sangat strategis dalam dunia pendidikan, yaitu mendidik dan mengajar peserta didik. Oleh karena itu, seorang guru wajib memiliki kompetensi profesional, agar pendidik dapat menjalankan kegiatan belajar mengajar dengan baik. Yang menjadi permasalahan Peneliti adalah bagaimana kompetensi profesional guru mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Negeri Jatinom Tahun 2014/2015. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi tentang kompetensi profesional guru mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas VII. Adapun hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pemikiran yang bersifat konstruktif bagi kemajuan kompetensi profesional guru mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas VII, serta dapat menjadi bahan agar tercipta suasana baru yang lebih aktif, efektif, efisien, dan kondusif antara pendidik dengan peserta didik dalam pembelajaran di kelas. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan sumber data dari guru Aqidah Akhlak kelas VII, kepala sekolah, siswa, dan dokumen di Madrasah Tsanawiyah Negeri Jatinom. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi, dan observasi. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah deduktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kompetensi Profesioanal Guru Aqidah Akhlak kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Negeri Jatinom Tahun 2014/2015 cukup baik. Karena sudah hampir memenuhi semua indikator dari kompetensi profesional guru dan ada satu indikator saja yang belum terpenuhi, yaitu: Guru Mata Pelajaran Aqidah Akhlak kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Negeri Jatinom Tahun 2014/2015 memiliki penguasaan materi yang sangat baik sesuai dengan mata pelajaran yang diampunya, memiliki kemampuan yang sangat baik dalam mengembangkan materi pembelajaran secara kreatif dan aktif dengan menggunakan berbagai metode, sumber, media, dan alat pembelajaran, dan telah menguasai kompetensi dasar yang sangat baik sesuai dengan mata pelajaran yang diampu. Akan tetapi peningkatan kompetensi profesionalnya kurang maksimal, karena masih belum mengembangkan keprofesioanalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif, seperti melakukan penelitian tindakan kelas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kompetensi Profesional Guru, Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas VII, Madrasah Tsanawiyah Negeri Jatinom.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Agama Islam > Tarbiyah
Depositing User: Bagus Tri Syukurillah
Date Deposited: 13 Jul 2015 06:07
Last Modified: 13 Jul 2015 06:09
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/34745

Actions (login required)

View Item View Item