Peningkatan Kemandirian dan Penalaran Belajar Matematika Soal Cerita Melalui Strategi Problem(PTK pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Muhammadiyah 04 Sambi Tahun 2014/2015).

Widyasari, Ellita (2015) Peningkatan Kemandirian dan Penalaran Belajar Matematika Soal Cerita Melalui Strategi Problem(PTK pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Muhammadiyah 04 Sambi Tahun 2014/2015). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (649kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB 1 Skripsi.pdf

Download (103kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (239kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (578kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (222kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI ILMIAH)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (835kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
halaman depan2.pdf

Download (1MB)

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan kemandirian dan penalaran belajar matematika soal cerita bagi siswa kelas VIIIC SMP Muhammadiyah 04 Sambi dengan strategi pembelajaran Problem Solving dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Sumber data dari guru dan siswa.Pelaksanaan tindakan kelas dilaksanakan selama dua siklus yang terdiri dari 4 pertemuan. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, catatan lapangan, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dengan deskriptif kualitatif melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, paparan data, dan penyimpulan.Validitas data dengan triangulasi metode dan sumber. Hasil penelitian, pertama penerapan strategi pembelajaran Problem Solving dapat meningkatkan kemandirian dan penalaran belajar matematika soal cerita siswa kelas VIIIC SMP Muhammadiyah 04 Sambi. Kedua peningkatan kemandirian dan penalaran belajar matematika soal cerita yaitu (a) siswa mampu mengatasi masalah belajarnya sendiri dari kondisi awal (9,375%), siklus 1 (28,125%) dan siklus II (78,125%) (b) siswa dapat mengatur diri sendiri dari kondisi awal (18,75%), siklus I (46,875%) dan siklus II (81,25%) (c) siswa yang mengerjakan PR dari kondisi awal yang belum ada, siklus I (21,875%), dan siklus II (93,75%) (d) siswa yang percaya diri dari kondisi awal (6,25%), siklus I (21,875%), dan siklus II (75%) (e) menyajikan pernyataan matematika secara tertulis dari kondisi awal belum ada siswa yang menuliskannya, siklus I (59,375%), dan siklus II (84,375%) (f) menemukan pola atau sifat dari gejala matematika dari kondisi awal belum ada, siklus I (37,5%), siklus II (68,75%) (g) menarik kesimpulan dari kondisi awal belum ada, siklus I (18,75%), dan siklus II (68,75%).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemandirian, penalaran dan Problem Solving
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ellita Widyasari
Date Deposited: 11 Jul 2015 04:53
Last Modified: 11 Jul 2015 04:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/34716

Actions (login required)

View Item View Item