OPTIMALISASI KEMAMPUAN KONEKSI DAN KEAKTIFAN SISWA MELALUI PENDEKATAN IMPROVING LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA (PTK. Kelas VIII SMP Negeri 2 Wonosari Klaten Tahun Ajaran 2008 / 2009)

Hotimah, Nurul Husnul (2009) OPTIMALISASI KEMAMPUAN KONEKSI DAN KEAKTIFAN SISWA MELALUI PENDEKATAN IMPROVING LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA (PTK. Kelas VIII SMP Negeri 2 Wonosari Klaten Tahun Ajaran 2008 / 2009). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A410050157.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (539kB)
[img]
Preview
PDF
A410050157.pdf

Download (56kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) meningkatkan kemampuan koneksi matematika siswa dalam mengoperasikan soal pokok bahasan lingkaran melalui pendekatan improving learning yang menggunakan metode pemecahan masalah (2) meningkatkan keaktifan siswa dalam bertanya, mengemukakan ide/gagasan dan mengerjakan soal di depan kelas melalui pendekatan improving learning yang menggunakan metode pemecahan masalah.Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Wonosari tahun ajaran 2008/2009 yang berjumlah 40 siswa sebagai subyek yang menerima tindakan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi catatan lapangan, review dan metode dokumentasi. Tehnik analisis data dilaksanakan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian tindakan ini yaitu 1) Adanya peningkatan kemampuan koneksi matematika yang meliputi a) kemampuan dalam menghubungkan materi matematika siswa dari 12,5% menjadi 62,5% b) kemampuan dalam mengkomunikasikan materi matematika siswa dari 10% menjadi 55% 2) Adanya Peningkatan keaktifan siswa yang meliputi a) keaktifan siswadalam bertanya dari 12,5% menjadi 67,5% b) keaktifan siswa dalam mengemukakan ide / gagasan dari 7,5% menjadi 62,5% c) Peningkatan keaktifan siswa dalam mengerjakan soal di depan kelas dari 10% menjadi 65%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pendekatan improving learning dengan menggunakan metode pemecahan masalah dapat meningkatkan kemampuan koneksi dan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci :Keaktifan, koneksi matematika, pendekatan improving learning pemecahan masalah
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Edy Suparno
Date Deposited: 11 Jul 2009 03:27
Last Modified: 16 Nov 2010 14:06
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3471

Actions (login required)

View Item View Item