PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN TRUE OR FALSE DENGAN MENGOPTIMALKAN BARANG BEKAS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN (PTK Pembelajaran Matematika Kelas V SD N Gumpang I Kartasura)

Narti, Pratiwi (2009) PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN TRUE OR FALSE DENGAN MENGOPTIMALKAN BARANG BEKAS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN (PTK Pembelajaran Matematika Kelas V SD N Gumpang I Kartasura). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A410050153.pdf

Download (77kB)
[img] PDF
A410050153.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan geometri dan pengukuran melalui pendekatan true or false dengan mengoptimalkan barang bekas sebagai media pembelajaran pada siswa kelas V. Subyek penelitian adalah guru matematika kelas V SD N Gumpang I Kartasura berkolaborasi dengan peneliti dan kepala sekolah sebagai pihak pelaksana, serta siswa kelas V yang berjumlah 37 siswa sebagai pihak penerima tindakan. Data dikumpulkan melalui diskusi, observasi, catatan lapangan, review dan dokumentasi. Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan model alur. Hasil penelitian ini adalah 1) adanya peningkatan kreativitas siswa dalam pembelajaran matematika, yang meliputi a) kemampuan siswa dalam memanipulasi sarana pembelajaran sebelum adanya penelitian 0%, setelah adanya penelitian menjadi 77,78%, b) kemampuan siswa menemukan ide baru dalam penyelesaian masalah mengalami peningkatan, sebelum diadakan penelitian sebesar 29,73% setelah diadakan penelitian 86,11%, c) ketepatan siswa dalam menyelesaikan permasalahan juga meningkat, sebelum adanya penelitian 37,84% dan setelah diadakan penelitian 72,22% d) kemampuan siswa dalam memberikan kesimpulan yang meliputi mendefinisikan konsep, menemukan sifat-sifat dari konsep dan memberikan contoh meningkat, sebelum diadakan penelitian 43,24% setelah adanya penelitian tindakan 83,33%. 2) adanya peningkatan prestasi belajar siswa melalui pendekatan true or false yaitu sebelum adanya penelitian tindakan, siswa yang mencapai nilai > 66 sebesar 16,22% setelah adanya penelitian sebesar 72,97%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran melalui pendekatan true or false dengan mengoptimalkan barang bekas sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan kreativitas siswa dalam pembelajaran matematika dan pada akhirnya berdampak pada peningkatan prestasi belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kreativitas, barang_bekas, media_pembelajaran
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Edy Suparno
Date Deposited: 11 Jul 2009 03:14
Last Modified: 02 Jan 2012 09:38
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3470

Actions (login required)

View Item View Item