Analisis Presuposisi pada Bahasa Spanduk Iklan Warung Soto Kajian: Pragmatik

LARASATI, JUMI and , Prof" Dr. H.A. Ngalim, MM. M.Hum. (2015) Analisis Presuposisi pada Bahasa Spanduk Iklan Warung Soto Kajian: Pragmatik. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I.pdf

Download (145kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (238kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (427kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (102kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] PDF (PERNYATAAN PUBLIKASI ILMIAH)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (452kB)

Abstract

Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah analisis bidang Pragmatik kususnya Presuposisi yang terkandung dalam bahasa spanduk iklan warung soto. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan analisis presuposisi pada bahasa spanduk iklan warung soto, mengetahui kemungkinan presuposisi (praanggapan) yang akan terjadi pada satu bahasa spanduk iklan warung soto, dan akibat yang ditimbulkan dari bahasa spanduk iklan warung soto. Penelitian ini menggunakan metode simak dan teknik catat, yaitu mencatat atau mengambil gambar data penelitian kemudian untuk diambil objek-objek yang akan diteliti. Metode dan tehnik analisis data menggunakan metode agih dengan teknik BUL dan teknik perluas. Dari 40 sumber data, ditemukan 21 data Existential presupposition (praanggapan eksistensial), 3 data Structural presupposition (praanggapan struktural), dan ditemukan 20 data Non-factive presupposition (praanggapan non faktif). Dalam satu bahasa iklan warung soto bisa didapatkan 2,3,4 bahkan lebih praanggapan yang mungkin terjadi. Bahasa spanduk iklan warung soto sangat berpengaruh terhadap laris atau tidaknya warung soto.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: pragmatik, presuposisi (praanggapan)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Jumi Larasati
Date Deposited: 10 Jul 2015 07:16
Last Modified: 07 Oct 2021 13:50
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/34651

Actions (login required)

View Item View Item