Upaya Qismu Al-Tarbiyah wa Al-Ta'lim dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Keislaman Siswa Madrasah Aliyah Program Keagamaan Surakarta Tahun 2014/2015

Haq, Arini and , Dr. Mutohharun Jinan, M.Ag and , Maria Ulfa, S.Pd.I (2015) Upaya Qismu Al-Tarbiyah wa Al-Ta'lim dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Keislaman Siswa Madrasah Aliyah Program Keagamaan Surakarta Tahun 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI)
naskah publikasi.pdf

Download (551kB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
1. halaman depan.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BAB I)
2. BAB I.pdf

Download (225kB)
[img] PDF (BAB II)
3. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (386kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB III)
4. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB IV)
5. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (304kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB V)
6. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB VI)
7. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB) | Request a copy
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (187kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
SURAT PERNYATAAN naskah publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB) | Request a copy

Abstract

Motivasi belajar adalah dorongan pada siswa yang sedang melakukan kegiatan belajar. Di Madrasah Aliyah Program Keagamaan (MAPK) Surakarta mempelajari keislaman (segala sesuatu tentang Islam meliputi akidah, syariat, dan akhlak) adalah suatu hal yang wajib dilakukan. Peningkatan motivasi belajar sangat diperlukan guna meningkatkan keberhasilan tercapainya tujuan belajar keislaman karena tidak jarang terdapat siswa yang mengalami penurunan motivasi dalam mempelajarai keislaman. Keberadaan Qismu Al-Tarbiyah wa Al-Ta‘līm selaku salah satu departemen organisasi kesiswaan MAPK Surakarta yang menangani masalah pendidikan dan pengajaran menjadi sentral penyelenggaraan pendidikan para siswa di asrama terutama pendidikan keislaman. Dengan posisinya yang sangat strategis ini Qismu Al-Tarbiyah wa Al-Ta‘līm mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap peningkatan motivasi belajar keislaman siswa MAPK Surakarta. Rumusan masalah penelitian ini adalah apa upaya-upaya yang dilakukan Qismu Al-Tarbiyah wa Al-Ta‘līm beserta faktor penunjang dan penghambatnya dalam meningkatkan motivasi belajar keislaman siswa MAPK Surakarta?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan usaha-usaha yang dilakukan Qismu Al-Tarbiyah wa Al-Ta‘līm beserta faktor-faktor yang menjadi penunjang dan penghambat dalam meningkatkan motivasi belajar keislaman siswa MAPK Surakarta. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (Field Research), karena data yang diperlukan untuk menulis karya ilmiyah ini diperoleh dari lapangan, yaitu di MAPK Surakarta. Untuk memperoleh data dalam penulisan ini, penulis menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Setelah semua data terkumpul selanjutnya dilakukan analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pola pikir induktif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa upaya yang dilakukan oleh Qismu Al-Tarbiyah wa Al-Ta‘līm adalah meningkatkan motivasi intrinsik dengan cara meningkatkan minat para siswa untuk belajar keislaman dengan memperjelas tujuan yang dicapai dan mengadakan kegiatan yang menarik. Peningkatan motivasi ekstrinsik dilakukan dengan cara memberikan hasil kerja yang dicapai, memberikan umpan balik, dan mengoptimalkan program kerja yang ada. Adapun faktor penunjangnya adalah adanya minat dan cita-cita serta kondisi siswa yang cemas terhadap hukuman, lingkungan yang kondusif untuk belajar, kekompakan Qismu Al-Tarbiyah wa Al-Ta‘līm, dan wewenang Qismu Al-Tarbiyah wa Al-Ta‘līm. sedangkan faktor penghambatnya adalah padatnya kegiatan yang ada di MAPK Surakarta dan pengaruh dari para siswa yang malas.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Keislaman, Qismu Al-Tarbiyah wa Al-Ta’lim
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: ARINI HAQ
Date Deposited: 11 Jul 2015 03:12
Last Modified: 06 Oct 2021 13:58
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/34649

Actions (login required)

View Item View Item