EVALUASI KINERJA ANGKUTAN UMUM DAN KELAYAKAN TARIF BUS PERDESAAN (Studi Kasus Bus PO. Budi Rahayu Jurusan Karanggede-Solo)

SUPRIYONO, SUPRIYONO (2009) EVALUASI KINERJA ANGKUTAN UMUM DAN KELAYAKAN TARIF BUS PERDESAAN (Studi Kasus Bus PO. Budi Rahayu Jurusan Karanggede-Solo). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
D100020085.pdf

Download (40kB)
[img] PDF
D100020085.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)

Abstract

Seiring dengan pertumbuhan yang terjadi di Kabupaten Boyolali, maka untuk menunjang segala aktifitas masyarakat diperlukan suatu angkutan yang memadai. Dalam penyelenggaraan angkutan memerlukan penanganan secara baik dan benar, sehingga diperoleh kinerja angkutan yang baik dalam segi pelayanan maupun kelayakan ekonomis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja angkutan umum tersebut berdasarkan tolak ukur kecepatan perjalanan, waktu sirkulasi, faktor muat (load factor), ketersediaan kendaraan (availability), waktu antara kendaraan (headway) BOK, tarif, kelayakan ekonomis berdasarkan BCR dan NPV. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Survai secara langsung di lapangan. Data primer yang diperoleh antara lain waktu tempuh, kapasitas angkutan, jumlah penumpang naik/turun, waktu henti, jarak rute dan ruas jalan. Data sekunder sebagai pertimbangan diperoleh dari instansi-instansi terkait, yaitu komponen BOK, rute angkutan, jumlah angkutan, tarif angkutan sekarang, rute dan ruas jalan. Selanjutnya data primer dan sekunder dianalisa untuk mengetahui kinerja dari angkutan umum tersebut. Hasil analisa menunjukkan bahwa hasil kinerja umum jurusan Solo – Karanggede bila ditinjau dari aspek layanan sudah baik sedangkan dari aspek ekonomis sudah memenuhi standar kelayakan. Hal ini ditunjukkan dengan terpenuhinya beberapa nilai parameter dengan standar yang telah ditetapkan. Tarif yang sekarang berlaku layak ditinjau dari pengguna jasa angkutan, bagi operator perusahaan Otobis juga menguntungkan karena di atas tarif yang dihitung berdasarkan BOK. parameter hasil penelitian tersebut adalah: kecepatan perjalanan Bus PO Budi Rahayu sebesar 22,43 km/jam, load factor sebesar 79% headway berdasarkan hitungan sebesar 33,47 menit, waktu sirkulasi dilapangkan sebesar 243,02 menit, dan berdasarkan hitungan sebesar 297,66 menit, availability sebesar 100% tarif berdasarkan BOK sebesar Rp. 2.029,84 /km, BCR sebesar 1,25, NPV sebesar Rp. 9.595.752 setiap bulan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kinerja, Angkutan Umum, Aspek Ekonomis
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 10 Jul 2009 08:22
Last Modified: 16 Nov 2010 14:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3460

Actions (login required)

View Item View Item