Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Kreativitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Sambi Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2014/2015

MONITASARI, ULFAH and , Prof. Harsono, SU. (2015) Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Kreativitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Sambi Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
2. NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Halaman Depan)
3. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (475kB)
[img] PDF (BAB I)
4. BAB I.pdf

Download (108kB)
[img] PDF (BAB II)
5. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB)
[img] PDF (BAB III)
6. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB)
[img] PDF (BAB IV)
7. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)
[img] PDF (BAB V)
8. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (66kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (32kB)
[img] PDF (Lampiran)
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Pernyataan Publikasi Ilmiah)
1. SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran contextual teaching and learning terhadap kreativitas siswa mata pelajaran Ekonomi siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Sambi Tahun Pelajaran 2014/2015 Penelitian ini termasuk penelitian ekperimen semu (quasi experimental research). Penelitian ekperimen semu, pengontrolannya hanya dilakukan terhadap beberapa variabel yang paling utama, selain itu peneliti memandang perlakuan di lapangan dapat dilaksanakan secara realistis. Penelitian ini membandingkan kreativitas belajar dari kelompok eksperimen yang dikenakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dimana peneliti bertindak sebagai pengajar dengan kelompok kontrol yang dikenakan pembelajaran dengan metode ceramah. sampel penelitian ini akan diambil 2 kelas, yaitu kelas VIII B sebagai kelas eksperimen terdiri dari 32 siswa dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol terdiri dari 32 siswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa secara keseluruhan terdapat perbedaan prestasi belajar mata pelajaran Ekonomi antara siswa yang dikenai model pembelajaran kontekstual dengan siswa yang diajar dengan metode ceramah. Dalam hal ini prestasi belajar siswa yang dikenai model pembelajaran kontektual lebih baik dari pada pembelajaran dengan metode ceramah. Disamping itu terdapat interaksi antara model pembelajaran kontekstual dan kreativitas terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran Ekonomi. Dari hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa: hasil pengujian nilai sginfikansi sebesar 0,016 dengan demikian hipotesis null ditolak dan Ha diterima artinya ada perbedaan nilai antara siswa yang diajarkan menggunakan metode pembelajaran model ceramah dan model CTL. Nilai signifikansi kreativitas nilai signifikansi sebesar 0,18 dengan demikian hipotesis null ditolak dan Ha diterima artinya ada perbedaan kreativitas antara siswa kelas yang diajarkan menggunakan metode pembelajaran model ceramah dan model CTL.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Contextual teaching learning, metode ceramah, kelas control, kelas eksperimen, kreativitas belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ulfah Monitasari
Date Deposited: 09 Jul 2015 08:29
Last Modified: 07 Oct 2021 09:12
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/34583

Actions (login required)

View Item View Item