Rancang bangun alat ukur suhu, panjang, berat, serta lingkar kepala bayi berbasis arduino mega 2560

rudi hartono, sholeh (2015) Rancang bangun alat ukur suhu, panjang, berat, serta lingkar kepala bayi berbasis arduino mega 2560. Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah publikasi)
Naskah publikasi ilmiah sohart.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Halaman depan)
Halaman depan sohart.pdf

Download (734kB)
[img] PDF (bab 1)
bab 1 sohart.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (bab 2)
bab 2 sohart.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] PDF (bab 3)
bab 3 sohart.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (531kB)
[img] PDF (bab 4)
BAB 4 sohart.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] PDF (bab 5)
BAB 5 sohart.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img] PDF (daftar pustaka)
Daftar pustaka sohart.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (lampiran)
Lampiran sohart.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] PDF (pernyataan publikasi ilmiah)
Surat pernyataan publikasi karya ilmiah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (577kB)

Abstract

Parameter pertumbuhan yang seringkali diperhatikan dan dipantau orang tua terhadap bayi mereka adalah tinggi badan, berat badan dan suhu tubuh untuk mengetahui kondisi kesehatan bayi. Tak banyak orang tua yang menyadari bahwa ukuran lingkar kepala yang juga mencerminkan volume otak juga merupakan hal penting yang perlu selalu dipantau pertumbuhannya untuk melihat apakah otak bayi tumbuh dan berkembang normal atau tidak. Umumnya, dokter atau bidan menggunakan alat ukur yang terpisah. Penggunaan alat ukur yang terpisah sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama dan alat ukur yang digunakan sebagian manual dan sebagian digital. Penelitian ini bertujuan untuk membuat sebuah alat dalam satu sistem yang terdapat empat parameter pengukuran yang meliputi panjang, berat, suhu dan lingkar kepala yang mampu mencatat secara otomatis. Mempermudah kinerja paramedis untuk mengukur bayi secara otomatis baik panjang, berat, suhu dan lingkar kepala untuk mengetahui kondisi bayi. Alat ukur empat parameter ini dikendalikan oleh mikrokontroler Arduino mega 2560 menggunakan empat sensor ultrasonik untuk mengetahui panjang dan lingkar kepala bayi, sensor berat menggunakan load cell, sedangkan sensor suhu menggunakan sensor suhu infrared TN901. Pengukuran panjang dan lingkar kepala masing-masing menggunakan dua sensor iltrasonik. Data tersebut akan diolah oleh mikrokontroler Arduino mega 2560 dan ditampilkan melalui layar LCD 4x20 . Sehingga akan didapatkan empat pengukuran seacra otomatis dalam satu sistem. Pembuatan instrumentasi ini melalui tiga tahap diantaranya, pembuatan hardware, pembuatan software, pengujian sistem instrumentasi. Hasil pengujian alat ukur empat parameter didapatkan dengan membaca hasil pembacaan alat penelitian ini kemudian dibandingkan dengan hasil pengukuran dari posyandu. Pada saat uji coba dengan memberikan beban yang sama. Dalam pengujian sensor suhu infrared TN901 dengan thermometer air raksa dengan selisih 5,3°C, pengujian sensor load cell dengan selisih 0,38 kg dengan timbangan analog. Pengujian sensor ultrasonik dibandingkan dengan meteran, dengan selisih pengukuran panjang 1 cm dan pengukuran lingkar kepala dengan selisih 19,6 cm. Perbandingan pengukuran dengan alat ukur yang dirancang oleh Erwan T. E. Pengukuiran suhu dengan selisih 2,03 0C, pengukuran panjang dengan selisih 2 cm tanpa digedong. Sedangkan alat ukur yang dirancang Eko Prasetya pengukuran berat dengan selisih 0,3 kg, pengukuran lingkar kepala dengan selisih 1,8 cm. Alat ukur yang dirancang Erwan dan Eko terdapat dua bok alat ukur masing-masing alat ukur terdapat dua pengukuran. Pengukuran tersebut membutuhkan waktu yang agak lama dibandingkan dengan alat ukur empat parameter. Karena dalam satu sistem terdapat empat pngukuran.

Item Type: Karya ilmiah (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Alat ukur, Arduino mega 2560, Berat badan, Lingkar kepala, Load cell, Panjang, Suhu, Sensor suhu infrared TN901, Sensor ultrasonik.
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Sholeh Rudi Hartono
Date Deposited: 09 Jul 2015 07:19
Last Modified: 09 Jul 2015 07:19
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/34543

Actions (login required)

View Item View Item