EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE RECIPROCAL TEACHING DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA POKOK BAHASAN HIMPUNAN DI KELAS VII MTs N SURAKARTA II TAHUN AJARAN 2008/2009

Nuryani, Uni (2009) EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE RECIPROCAL TEACHING DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA POKOK BAHASAN HIMPUNAN DI KELAS VII MTs N SURAKARTA II TAHUN AJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A410050147.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (578kB)
[img]
Preview
PDF
A410050147.pdf

Download (38kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode pembelajaran terhadap prestasi belajar Matematika pada pokok bahasan Himpunan; 2) Untuk mengetahui pengaruh kemampuan berpikir kreatif siswa terhadap prestasi belajar Matematika pada pokok bahasan Himpunan; 3) Untuk mengetahui pengaruh interaksi antara metode pembelajaran dan kemampuan berpikir kreatif siswa terhadap prestasi belajar Matematika pada pokok bahasan Himpunan. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VII MTs N Surakarta II tahun ajaran 2008/2009 yang terdiri dari tujuh kelas. Sebagai sampel diambil dua kelas sebanyak 73 siswa yang kemudian dijadikan kelas eksperimen yaitu kelas VIID dan kelas kontrol yaitu kelas VIIC. Teknik pengambilan data menggunakan cluster random sampling. Proses pengumpulan data menggunakan metode tes untuk memperoleh data prestasi belajar Matematika siswa, metode angket untuk memperoleh data kemampuan berpikir kreatif siswa dan metode dokumentasi sebagai metode pendukung untuk memperoleh data prestasi belajar Matematika siswa dan data kemampuan berpikir kreatif siswa. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan homogenitas. Berdasarkan hasil penelitian dengan  = 5% diperoleh: 1) Ada pengaruh penggunaan metode pembelajaran terhadap prestasi belajar Matematika pada pokok bahasan Himpunan dengan Fhitung = 5.909; 2) Tidak ada pengaruh kemampuan berpikir kreatif siswa terhadap prestasi belajar Matematika pada pokok bahasan Himpunan dengan Fhitung = 2.573; 3) Tidak ada pengaruh interaksi antara metode pembelajaran dan kemampuan berpikir kreatif siswa terhadap prestasi belajar Matematika pada pokok bahasan Himpunan dengan Fhitung = 0.734.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: reciprocal-teaching, berpikir-kreatif, prestasi-belajar.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Edy Suparno
Date Deposited: 10 Jul 2009 03:21
Last Modified: 16 Nov 2010 14:20
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3448

Actions (login required)

View Item View Item