Efektivitas Penggunaan Strategi Pembelajaran Broken Poster Pada Materi Konektivitas Antar Pulau Di Indonesia Siswa Kelas VIII MTs Negeri Ngemplak

Lestari, Indah Puji (2015) Efektivitas Penggunaan Strategi Pembelajaran Broken Poster Pada Materi Konektivitas Antar Pulau Di Indonesia Siswa Kelas VIII MTs Negeri Ngemplak. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (559kB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (16MB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I.pdf

Download (220kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (113kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (138kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (85kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32MB)
[img] PDF (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (586kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di MTs Negeri Ngemplak Boyolali Desa Ngesrep Kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolali. Kurangnya strategi pembelajaran yang diberikan guru saat proses belajar mengajar membuat guru cenderung mengajar dengan strategi ceramah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas strategi pembelajaran Broken Poster dalam mencapai tujuan pembelajaran dengan materi konektivitas antar pulau di Indonesia pada siswa kelas VIII MTs Negeri Ngemplak dan mengetahui keunggulan strategi pembelajaran Broken Poster lebih efektif dibandingkan dengan strategi ceramah. Metode penelitian ini adalah eksperimen siswa kelas VIII A sampai H dengan jumlah siswa 308. Kedelapan kelas tersebut dibagi menjadi eksperimen dan kontrol. Kelas eksperimen sebanyak 6 kelas dalam proses pembelajarannya menggunakan strategi pembelajaran Broken Poster. Sedangkan kelas kontrol sebanyak 2 kelas dalam proses pembelajarannya menggunakan strategi konvensional seperti ceramah. Hasil rata-rata nilai aspek spiritual antara kelas eksperimen dan kontrol 100. rata-rata nilai aspek sosial dari kelas eksperiman 2,7 dan kelaas kontrolnya 2,4. Nilai rata-rata aspek pengetahuan pada kelas eksperimen memiliki peningkatan sebesar 36,47 sedangkan pada kelas kontrol 14,23. Nilai rata-rata aspek ketrampilan pada kelas eksperimen 88 dan kelas kontrol 43. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) Tujuan pembelajaran menggunaan strategi Broken Poster dalam materi konektivitas antar pulau di Indonesia dapat menghantarkan siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran, hal ini ditunjukan dengan hasil nilai pengetahuan, yaitu terendah 37,84 tertinggi 74,31 dan rata-rata 36,47. (2) Strategi pembelajaran Broken Poster lebih efektif dibandingkan dengan strategi ceramah hal ini dibuktikan dengan peningkatan hasil belajar dari rata-rata nilai 36,47 knilai 74,31.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran Broken Poster, Efektivitas,Peningkatan Hasil Pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: INDAH PUJI LESTARI
Date Deposited: 09 Jul 2015 01:39
Last Modified: 11 Jul 2015 05:32
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/34475

Actions (login required)

View Item View Item