Upaya Meningkatkan Kompetensi Belajar IPA Melalui Strategi Pembelajaran Review Who Wants To Be A Millionaire Pada Siswa Kelas IVB MI Negeri Karanganom Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2014/2015

YUNAIFA, HANA (2015) Upaya Meningkatkan Kompetensi Belajar IPA Melalui Strategi Pembelajaran Review Who Wants To Be A Millionaire Pada Siswa Kelas IVB MI Negeri Karanganom Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (165kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (276kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (342kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (87kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
naskah publikasi.pdf

Download (513kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kompetensi belajar IPA melalui strategi pembelajaran review who wants to be a millionaire pada siswa kelas IVB MI Negeri Karanganom Kabupaten Klaten tahun ajaran 2014/2015. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IVB MI Negeri Karanganom yang berjumlah 35 siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, dokumentasi, wawancara dan catatan lapangan. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan secara kolaboratif antara guru mata pelajaran IPA dan peneliti. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, dan setiap siklus terdapat dua kali pertemuan. Analisis data dilakukan dengan deskriptif kualitatif. Analisis data kualitatif dilakukan dengan metode alur yaitu data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi belajar IPA mengalami peningkatan, hal ini dapat dilihat dari peningkatan setiap siklus. Sebelum tindakan diperoleh kompetensi belajar IPA siswa sebesar 18,57%, pada siklus I kompetensi belajar IPA meningkat menjadi 38,57%, dan pada siklus II kompetensi belajar siswa meningkat menjadi 80,51%. Hal ini berarti peningkatan kompetensi belajar IPA siswa melebihi indikator pencapaian yaitu 80%. Berdasarkan data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran review who wants to be a millionaire dapat meningkatkan kompetensi belajar IPA siswa kelas IVB MI Negeri Karanganom.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran, Who Wants to be a Millionaire, Kompetensi, Pembelajaran IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Kurnia Utami
Date Deposited: 08 Jul 2015 08:17
Last Modified: 08 Jul 2015 08:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/34461

Actions (login required)

View Item View Item