IMPLEMENTASI PENGAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL LESSON STUDY PADA POKOK BAHASAN BANGUN DATAR DITINJAU DARI AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 KUNDURAN

Indriani, Ari (2009) IMPLEMENTASI PENGAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL LESSON STUDY PADA POKOK BAHASAN BANGUN DATAR DITINJAU DARI AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 KUNDURAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A410050136.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
A410050136.pdf

Download (33kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh model pembelajaran lesson study terhadap prestasi belajar matematika, (2) Pengaruh aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) Interaksi antara model pembelajaran dan aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kunduran Tahun Pelajaran 2008/2009. Sebagai sampel diambil dua kelas yang kemudian dijadikan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Proses pengumpulan data menggunakan metode angket dan metode tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis variansi dua jalan, yang sebelumnya dilakukan uji prayarat dengan menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Sebagai tindak lanjut dari analisis variansi dilakukan uji komparansi ganda. Berdasarkan hasil penelitian ini, dengan α = 5% dapat disimpulkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran lesson study dengan model konvensional terhadap prestasi belajar matematika siswa dengan = 5,34. (2) Terdapat pengaruh aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa dengan = 5,82. (3) Ada interaksi antara model pembelajaran dan aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa dengan = 3,69. Model lesson study lebih tepat digunakan pada aktivitas belajar tinggi dan rendah dan kurang tepat digunakan pada aktivitas belajar sedang. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan model lesson study dan aktivitas belajar memberikan peningkatan prestasi belajar matematika pada pokok bahasan bangun datar persegi panjang dan persegi)

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: model lesson study, aktivitas belajar siswa.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Edy Suparno
Date Deposited: 10 Jul 2009 02:31
Last Modified: 02 Jan 2012 10:05
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3446

Actions (login required)

View Item View Item