EKSPERIMEN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN QUANTUM TEACHING DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI I SARANG

SATIVA SARI , KURNIANI (2009) EKSPERIMEN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN QUANTUM TEACHING DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI I SARANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A410050128.pdf

Download (33kB)
[img] PDF
A410050128.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (532kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan prestasi belajar yang diberi pengajaran dengan menggunakan pendekatan quantum teaching dan pendekatan konvensional (2) perbedaan prestasi belajar dilihat dari motivasi belajar siswa (3) interaksi penggunaan pendekatan pembelajaran dengan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII SMP NEGERI 1 SARANG semester II tahun ajaran 2008/2009. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang terdiri dari 6 kelas sedangkan sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas yaitu sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes, metode angket dan metode dokumentasi. Pengujian prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Sedangkan teknik analisis datanya adalah analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama.Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan (1) ada perbedaan prestasi belajar yang diberi pengajaran dengan menggunakan pendekatan quantum teaching dan pendekatan konvensional dengan nilai probabilitas 0.004<0.05 (2) tidak ada perbedaan prestasi belajar dilihat dari motivasi belajar siswa dengan nilai probabilitas 0.335>0.05 (3) tidak ada interaksi penggunaan pendekatan pembelajaran dengan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika dengan nilai probabilitas 0.278>0.05 sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa pembelajaran matematika dengan pendekatan quantum teaching memberikan pengaruh yang positif terhadap prestasi belajar matematika siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: quantum teaching, konvensional, motivasi belajar, prestasi belajar
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Edy Suparno
Date Deposited: 09 Jul 2009 06:38
Last Modified: 16 Nov 2010 14:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3445

Actions (login required)

View Item View Item