PENERAPAN STRATEGI THINK TALK WRITE (TTW) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DITINJAU DARI MINAT BELAJAR SISWA (Pada siswa kelas VIII Semester II Tahun pelajaran 2008/2009 SMP Negeri I Wuryantoro)

SARI , DIAN MARISANITA (2009) PENERAPAN STRATEGI THINK TALK WRITE (TTW) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DITINJAU DARI MINAT BELAJAR SISWA (Pada siswa kelas VIII Semester II Tahun pelajaran 2008/2009 SMP Negeri I Wuryantoro). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A410050126.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img]
Preview
PDF
A410050126.pdf

Download (69kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh penggunaan strategi pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan lingkaran. 2) Pengaruh perbedaan minat belajar siswa terhadap hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan lingkaran. 3) Interaksi antara metode mengajar dengan minat belajar siswa terhadap hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan lingkaran. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP N I Wuryantoro. Sebagai sampel diambil dua kelas sebanyak 80 siswa yang kemudian dijadikan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen diberikan strategi Think Talk Write sedangkan kelas kontrol diberikan metode konvensional. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes untuk data hasil belajar siswa matematika, metode angket untuk data minat belajar siswa serta metode dokumentasi untuk mengetahui nilai ujian semester 1 matematika siswa yang digunakan untuk menguji keseimbangan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengujian persyaratan analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Teknik analisis data yang digunakan analisis variansi dua jalan sel tak sama. Sebagai tindak lanjut dari analisis variansi dilakukan uji scheffe. Berdasarkan hasil penelitian ini, dengan = 5% dapat disimpulkan bahwa: 1) Ada pengaruh yang signifikan hasil belajar matematika yang diberi pembelajaran dengan menggunakan strategi Think Talk Write dan metode konvensional, berdasarkan nilai FA = 4,89; 2) Ada pengaruh yang signifikan hasil belajar matematika dilihat dari minat belajar siswa yang tinggi, rendah dan sedang dengan FB = 4,57;3) Tidak terdapat interaksi yang signifikan antara strategi pembelajaran dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar matematika dengan FAB = 0,93

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : strategi, think-talk-write, minat-belajar, hasil-belajar.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Edy Suparno
Date Deposited: 09 Jul 2009 06:25
Last Modified: 16 Nov 2010 14:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3444

Actions (login required)

View Item View Item