PRINSIP-PRINSIP EFEKTIFITAS PELAYANAN PUBLIK PADA APARAT DESA(Studi Kasus di Desa Kebonagung Kecamatan Sidoharjo Kabupaten Wonogiri)

Wibowo, Anang Tri (2015) PRINSIP-PRINSIP EFEKTIFITAS PELAYANAN PUBLIK PADA APARAT DESA(Studi Kasus di Desa Kebonagung Kecamatan Sidoharjo Kabupaten Wonogiri). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (164kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (855kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (155kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (179kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (252kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (151kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] PDF (Pernyataan Publikasi Ilmiah)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)

Abstract

Anang Tri Wibowo, A220110020, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015, xix + 244 halaman Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan prinsi-prinsip efektifitas pelayanan publik pada aparat Desa Kebonagung Kecamatan Sidoharjo Kabupaten Wonogiri berikut kendala dan solusinya. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan teknik wawancara, observasi, dan telaah dokumen atau arsip. Teknik untuk menguji validitas atau keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi, khususnya triangulasi sumber data dan triangulasi teknik pengumpulan data. analisis data dilakukan dengan menerapkan model analisis interaktif melalui proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Indikator yang menjadi acuan dalam menghimpun data penelitian ini meliputi prinsip kesederhanaan (sederhana dan tidak membingukan), kejelasan dan kepastian (prosedur jelas dan mudah dipahami), keamanan (aman), keterbukaan (mudah diketahui dan dipahami), ekonomis (murah dan terjangkau), keadilan (tidak membedakan), dan ketepatan waktu (sesuai target). Hasil menunjukkan bahwa 1) aparat desa sudah melaksanakan tanggung jawabnya sesuai dengan prinsip-prinsip pelayanan publik sehingga berjalan secara efektif. 2) walaupun sudah berusaha memberikan pelayanan secara optimal namun masih terdapat kendala dalam memberikan pelayanan yaitu muncul dari aparat atau perangkat desa yang belum terampil mengoprasikan komputer, selain itu muncul dari masyarakat yang belum paham prosedur pelayanan di Balai Desa sehingga pelayanan yang diajukan tidak dapat segera ditindaklanjuti karena masih kurang persyaratan yang dibawa, 3) solusi untuk mengatasi kendala prinsip efektifitas pelayanan publik pada aparat desa yaitu dengan mengikut sertakan perangkat ikut kursus komputer secara mandiri maupun dari pemerintah.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Desa, Prinsip-prinsip Efektifitas,Pelayanan Publik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: a220110020
Date Deposited: 08 Jul 2015 04:29
Last Modified: 08 Jul 2015 04:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/34434

Actions (login required)

View Item View Item