OPTIMALISASI PENGGUNAAN ALAT PERAGA PADA POKOK BAHASAN HIMPUNAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEANTUSIASAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP Negeri 7 Purwodadi)

Sony, Sony (2009) OPTIMALISASI PENGGUNAAN ALAT PERAGA PADA POKOK BAHASAN HIMPUNAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEANTUSIASAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP Negeri 7 Purwodadi). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A410050122.pdf

Download (71kB)
[img] PDF
A410050122.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan peningkatan keantusiasan belajar siswa pada pokok bahasan himpunan dalam pembelajaran matematika dan peningkatan prestasi belajar siswa melalui penggunaan alat peraga. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIB SMP Negeri 7 Purwodadi yang berjumlah 41 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model alur. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keantusiasan siswa dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan himpunan. Hal ini dapat dilihat dari 1) keantusiasan siswa dalam bertanya sebelum diadakan tindakan sebesar 7.3%, pada putaran I sebesar17.07%, pada putaran II sebesar 21.95%, di akhir putaran mencapai 39.02%, 2) keantusiasan siswa menjawab pertanyaan sebelum diadakan tindakan sebesar17.07%, pada putaran I sebesar 26.82%, pada putaran II sebesar 36.58%, di akhir putaran mencapai 52.26%, 3) keantusiasan siswa untuk tampil kedepan kelas sebelum diadakan tindakan sebesar 7.3%, pada putaran I sebesar 21.95%, pada putaran II sebesar 26.82%, di akhir putaran mencapai 46.34%, serta 4) keantusiasan siswa dalam mengerjakan latihan soal sebelum diadakan tindakan sebesar 41.46%, pada putaran I sebesar 70.73%, pada putaran II sebesar 78.04%, di akhir putaran mencapai 92.68%. Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan sesudah penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada prestasi belajar siswa. Sebelum adanya tindakan kelas prestasi belajar siswa hanya mencapai daya serap 29.26%, pada putaran I mencapai daya serap 58.53%, pada putaran II mencapai daya serap 80.48% sedangkan di akhir tindakan prestasi belajar siswa mencapai daya serap 95.12%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan alat peraga matematika dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan keantusiasan siswa sehingga berdampak pada peningkatan prestasi belajar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : keantusiasan, pembelajaran, alat peraga
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Edy Suparno
Date Deposited: 09 Jul 2009 06:19
Last Modified: 16 Nov 2010 14:23
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3443

Actions (login required)

View Item View Item