Kebiasaan Merokok pada Remaja dalam Perspektif Norma Kesopanan (Studi Kasus di Klego, Kecamatan Klego, Kabupaten Boyolali)

Melani, Tias (2015) Kebiasaan Merokok pada Remaja dalam Perspektif Norma Kesopanan (Studi Kasus di Klego, Kecamatan Klego, Kabupaten Boyolali). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Halaman Depan)
Halaman depan.pdf

Download (584kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I.pdf

Download (30kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (297kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] PDF (Pernyataan Publikasi Ilmiah)
Surat Pernyataan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (444kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mendeskripsikan faktor apa saja yang mempengaruhi kebiasaan merokok pada remaja, (2) Untuk mendeskripsikan dampak dari kebiasaan merokok pada remaja, (3) Untuk mendeskripsikan pandangan masyarakat terhadap kebiasaan merokok pada remaja dalam perspektif norma kesopanan. Penelitian ini adalah merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah remaja yang merokok, orang tua dan masyarakat di Desa Klego, kecamatan Klego, Kabupaten Boyolali. Objek penelitian ini adalah pandangan masyarakat mengenai kebiasaan merokok dalam perspektif norma kesopanan.Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. . Uji keabsahan data yang digunakan yaitu melalui triangulasi teknik pengumpulan data dan triangulasi sumber data. Analisis data menerapkan model interaktif melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Faktor yang mempengaruhi kebiasaan merokok pada remaja yaitu pengaruh rasa ingin tahu, menunjukkan kejantanan/kedewasaan, teman sebaya, orang tua, dan iklan rokok, (2) dampak dari kebiasaan merokok berupa positif yaitu dapat mengahangatkan suhu tubuh pada daerah dingin dan negatif yaitu dapat membuat ketergantungan dan membuat batuk, (3) pandangan masyarakat terhadap kebiasaan merokok pada remaja dalam perspektif norma kesopanan yaitu banyak dari mereka yang menggunjing dan mencemooh, karena masyarakat menilai remaja yang merokok sudah dikatakan melanggar dari norma masyakat, dan dinilai belum pantas merokok karena masih sebagai seorang pelajar dan belum mempunyai pendapatan sendiri.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kebiasaan, merokok, remaja, norma kesopanan.
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Tias Melani
Date Deposited: 10 Jul 2015 07:31
Last Modified: 10 Jul 2015 07:31
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/34427

Actions (login required)

View Item View Item