EKSPERIMEN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI BRAIN BASED LEARNING PADA POKOK BAHASAN MATRIKS DITINJAU DARI KEAKTIFAN SISWA ( Kelas I Semester 2 SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo Tahun 2008/2009)

Adiasih, Rinati Trida (2009) EKSPERIMEN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI BRAIN BASED LEARNING PADA POKOK BAHASAN MATRIKS DITINJAU DARI KEAKTIFAN SISWA ( Kelas I Semester 2 SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo Tahun 2008/2009). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A410050119.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (820kB)
[img]
Preview
PDF
A410050119.pdf

Download (36kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Perbedaan prestasi belajar siswa ditinjau dari pemilihan strategi pembelajaran. (2) Perbedaan prestasi belajar siswa ditinjau dari keaktifan siswa, (3) Interaksi antara penggunaan strategi pembelajaran matematika dan keaktifan siswa terhadap prestasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas I SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo tahun ajaran 2008/2009 yang terdiri dari 13 kelas dengan jumlah 481 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 70 siswa yang terbagi dua kelas, yaitu 37 siswa kelas I TAV 1 sebagai kelas eksperimen dan 33 siswa kelas I RPL 1 sebagai kelas kontrol, dengan teknik pengambilan sampelnya adalah simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, metode angket dan metode dokumentasi. Teknik analisis data digunakan analisis variansi (anava) dua jalur sel tak sama, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dengan metode Liliefors dan uji homogenitas dengan metode Bartlett. Hasil penelitian menunjukkan (1) Ada perbedaan prestasi belajar matematika antara siswa yang diberi strategi pembelajaran Brain Based Learning dibandingkan dengan siswa yang diberi strategi pembelajaran konvensional, dengan taraf signifikansi 5% berarti bahwa strategi pembelajaran Brain Based Learning lebih berpengaruh daripada menggunakan strategi pembelajaran konvensional; (2) Ada perbedaan prestasi belajar matematika ditinjau dari keaktifan siswa, dengan taraf signifikansi 5% berarti bahwa siswa yang memiliki keaktifan belajar tinggi akan memiliki prestasi yang tinggi pula sehingga keaktifan siswa berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa; (3) Tidak ada interaksi antara strategi pembelajaran dan keaktifan siswa terhadap prestasi belajar matematika, dengan taraf signifikansi 5% berarti bahwa strategi pembelajaran dan keaktifan siswa tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika karena tingkat IQ setiap anak tidak sama.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Brain-Based-Learning, Keaktifan, Prestasi-belajar, Matriks.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Edy Suparno
Date Deposited: 09 Jul 2009 04:19
Last Modified: 18 Nov 2019 06:26
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3442

Actions (login required)

View Item View Item