Pengelolaan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Hisbul Wathan (Studi Kasus Di Sd Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015)

NUR’ANI, ENGGAR and , Drs. Saring Marsudi, SH. M.Pd (2015) Pengelolaan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Hisbul Wathan (Studi Kasus Di Sd Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN .pdf

Download (462kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (203kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (234kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (235kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (244kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (199kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (415kB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI .pdf

Download (365kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah, 1) Untuk mendeskripsikan pengelolaan pendidikan karakter melalui kegiatan Hisbul Wathan di SD Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta,2) untuk mengetahui siapa yang mengelola pendidikan karakter melalui kegiatan Hisbul Wathan di SD Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta,3)untuk mengetahui tujuan kegiatan Hisbul Wathan di SD Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta, 4) untuk mendeskripsikan apa saja bentukbentuk kegiatan yang mengandung pendidikan karakter di SD Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta,5) untuk mengetahui kandungan nilai karakter dari kegiatan Hisbul Wathan di SD Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta. Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Diskriptif Kualitatif yaitu penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis dari orang yang diamati atau diwawancarai. Teknik analisis data dengan model analisis interaktif. Subyek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Pembina Hisbul Wathan dan siswa yang mengikuti ektrakulikuler Hisbul Wathan. Teknik pengumpulan data, yang digunakan dalam penelitian ini melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pengelolaan pendidikan karakter melalui kegiatan Hisbul Wathan di SD Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta adalah dengan melalui kegiatan Hisbul Wathan dapat menanamkan pendidikan karakter dan ektrakulikuler tersebut juga ada kurikulum yang mengaturnya. 2) Pengelola pendidikan karakter melalui kegiatan Hisbul Wathan di SD Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta yang ditunjuk sebagai pengelola adalah guru yang mendapatkan SK dari kepala sekolah. 3)Tujuan kegiatan Hisbul Wathan di SD Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta adalah mendidik siswa memiliki karakter berbudi lihur, berjiwa nasionalisme dan melaksanakan islam yang sebenar-benarnya. 4) Bentuk-bentuk kegiatan yang mengandung pendidikan karakter di SD Muhammdiyah 2 Kauman Surakarta adalah peraturan baris berbaris(PBB), kemah,tali-temali, membuat yel-yel, kegiatan keagamaan, semaphore, permainan tepuk-tepuk. 5) Kandungan nilai karakter dari kegiatan Hisbul wathan di SD Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta adalah religious, disiplin, kerja keras, kreatif, tanggung jawab, mandiri, bersahabat, berani.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan, Pendidikan, Karakter, Hisbul Wathan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1508 not found.
Date Deposited: 07 Jul 2015 08:45
Last Modified: 12 Oct 2021 07:33
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/34410

Actions (login required)

View Item View Item