PENGGUNAAN GUIDED NOTE TAKING DENGAN MENGOPTIMALKAN BARANG BEKAS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP VOLUME KUBUS DAN BALOK (PTK Pada Siswa kelas V SD Negeri Gumpang II Kartasura)

Wardani, Christina (2009) PENGGUNAAN GUIDED NOTE TAKING DENGAN MENGOPTIMALKAN BARANG BEKAS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP VOLUME KUBUS DAN BALOK (PTK Pada Siswa kelas V SD Negeri Gumpang II Kartasura). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A410050112.pdf

Download (98kB)
[img] PDF
A410050112.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan volume kubus dan balok dalam pembelajaran matematika dan meningkatkan prestasi belajar siswa. Subyek penelitian ini adalah guru kelas V SD Negeri Gumpang II sebagai subyek pemberi tindakan, kepala sekolah sebagai subyek pembantu dalam perencanaan dan pengumpulan data penelitian, serta siswa-siswa kelas V yang berjumlah 16 siswa sebagai subyek penerima tindakan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui metode observasi, catatan lapangan, dan review. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian menunjukkan 1) adanya peningkatan pemahaman konsep volume kubus dan balok yang dapat dilihat dari a) kreativitas siswa dalam memanipulasi sarana pembelajaran sebelum dilakukan tindakan sebesar 0% dan setelah dilakukan tindakan sebesar 93,75%, b) kemampuan menggunakan model matematisasi sebelum dilakukan tindakan sebesar 0% dan setelah dilakukan tindakan sebesar 87,5%, c) kemampuan dalam menyelesaikan masalah sebelum dilakukan tindakan sebesar 31,25% dan setelah dilakukan tindakan sebesar 87,5% , d) kemampuan dalam membuat kesimpulan yang meliputi mendefinisikan konsep, menemukan sifat-sifat dari konsep, dan memberikan contoh dan non contoh dari konsep sebelum dilakukan tindakan sebesar 31,25% dan setelah dilakukan tindakan sebesar 87,5% serta 2) adanya peningkatan prestasi belajar siswa terlihat dari nilai rata-rata kelas sebelum dilakukan tindakan adalah 3,9 dan setelah dilakukan tindakan mencapai 9,1. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran guided note taking dengan mengoptimalkan barang bekas sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan pemahaman konsep volume kubus dan balok sehingga berdampak pada peningkatan prestasi belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Guided Note Taking, Barang Bekas, Media Pembelajaran, Pemahaman Konsep.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Edy Suparno
Date Deposited: 09 Jul 2009 03:56
Last Modified: 24 Oct 2011 05:57
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3441

Actions (login required)

View Item View Item