PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP GEOMETRI DAN PENGUKURAN DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL MELALUI PEMANFAATAN BARANG BEKAS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN (PTK Pembelajaran Matematika Kelas V SD Negeri I Gumpang Kartasura)

Setyaningsih, Rini (2009) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP GEOMETRI DAN PENGUKURAN DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL MELALUI PEMANFAATAN BARANG BEKAS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN (PTK Pembelajaran Matematika Kelas V SD Negeri I Gumpang Kartasura). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A410050111.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (975kB)
[img]
Preview
PDF
A410050111.pdf

Download (27kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan geometri dan pengukuran dalam pembelajaran matematika dan meningkatkan prestasi belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah guru kelas V SD Negeri I Gumpang sebagai subjek pemberi tindakan, Kepala Sekolah sebagai subjek pembantu dalam perencanaan dan pengumpulan data penelitian, serta siswa-siswa kelas V yang berjumlah 37 orang sebagai subjek penerima tindakan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, catatan lapangan, dokumentasi dan review. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep geometri dan pengukuran. Hal ini dapat dilihat dari 1) peningkatan keaktifan siswa yang meliputi a) mengajukan pertanyaan dan tanggapan kepada guru sebelum dilakukan tindakan sebesar 5,41 % dan di akhir pelaksanaan tindakan mencapai 69,44 %, b) keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan guru dan menyelesaikan soal-soal latihan di depan kelas sebelum pelaksanaan tindakan sebesar 13,51 % dan pada akhir pelaksanaan tindakan mencapai 77,78 %, 2) kreativitas siswa dalam memanipulasi media pembelajaran sebelum pelaksanaan tindakan sebesar 0 % dan di akhir pelaksanaan tindakan mencapai 61,11 %, 3) kemampuan siswa dalam membuat kesimpulan materi pelajaran meliputi mendefinisikan konsep, menemukan sifat-sifat dari konsep, memberikan contoh dan non contoh dari konsep sebelum pelaksanaan tindakan sebesar 18,92 % dan pada akhir pelaksanaan tindakan mencapai 69,44 %, serta 4) rata-rata prestasi belajar siswa sebelum pelaksanaan tindakan sebesar 29,73 dan pada akhir pelaksanaan tindakan mencapai 81,18. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran dengan pendekatan kontekstual melalui pemanfaatan barang bekas sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan pemahaman konsep geometri dan pengukuran siswa, sehingga berdampak pada peningkatan prestasi belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Pemahaman_konsep, Pendekatan_kontekstual, Barang_bekas, Media_pembelajaran
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Edy Suparno
Date Deposited: 09 Jul 2009 03:50
Last Modified: 16 Nov 2010 14:24
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3440

Actions (login required)

View Item View Item