Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Tema Pengalamanku Melalui Permainan Balok Cuisenaire Siswa Kelas I Sd Negeri Jetis 01 Kecamatan Baki Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2014/2015

LAKSONO, DWI LAKSONO (2015) Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Tema Pengalamanku Melalui Permainan Balok Cuisenaire Siswa Kelas I Sd Negeri Jetis 01 Kecamatan Baki Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN AWAL.pdf

Download (595kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (95kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (113kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (386kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (26kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (516kB)

Abstract

Penelitan Tindakan Kelas dengan rumusan masalah “Apakah penerapan permainan Balok Cuisenaire dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Tema Pengalamanku siswa kelas I SD Negeri Jetis 01 Kecamatan Baki Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelaaran 2014/2015?” Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Tema Pengalamanku siswa kelas I SD Negeri Jetis 01 Kecamatan Baki Kabupaten Sukoharjo tahun pelajaran 2014/2015 melalui permainan Balok Cuisenaire. Dalam penelitian tindakan kelas ini subjek penerima tindakan adalah siswa kelas I SD Negeri Jetis 01 yyang berjumlah 24 siswa, subjek pelaku tindakan yaitu peneliti dan guru. Tehnik pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Tehnik analisis data yang digunakan dengan menggunakan tehnik deskriptif kualitatif yang meliputi tahap reduksi data, penyajian data, verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada Tema Pengalamanku. Hal ini dapat dilihat dari aktivitas siswa kondisi awal sebesar 47,09% mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 67,38% dan siklus II sebesar 90,57%. Hasil belajar pada kondisi awal sebesar 43,47% juga mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 69,56% dan pada siklus II sebesar 95,65%. Dengan demikian dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan permainan Balok Cuisenaire dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Tema Pengalamanku siswa kelas I SD Negeri Jetis 01 tahun pelajaran 2014/2015.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas, Hasil belajar, Balok Cuisenaire.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Tri Mulyati
Date Deposited: 07 Jul 2015 07:42
Last Modified: 07 Jul 2015 07:42
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/34394

Actions (login required)

View Item View Item