EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) POKOK BAHASAN LINGKARAN DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL

Kushardani, Vera (2009) EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) POKOK BAHASAN LINGKARAN DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A410050109.pdf

Download (195kB)
[img] PDF
A410050109.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (804kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada : (1) Perbedaan prestasi belajar ditinjau dari pemilihan pendekatan pembelajaran, (2) Prestasi belajar ditinjau dari kemampuan awal, (3) Interaksi pendekatan pengajaran matematika dengan pendekatan kooperasi tipe STAD dan kemampuan awal terhadap prestasi belajar matematika siswa. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Purwodadi. Sampel diambil 82 siswa yang terbagi dua kelas, yaitu 40 siswa untuk kelas eksperimen dan 42 siswa untuk kelas kontrol, dengan teknik pengambilan sampelnya adalah random sampling. Metode pengumpulan datanya adalah metode tes, sedangkan dokumentasi sebagai metode bantu. Data kemampuan awal siswa diambil dengan nilai rapot. Data prestasi belajar siswa diambil dengan metode tes dan dokumentasi. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan analisis datanya menggunakan anava dua jalan dengan sel tak sama. Sebagai tindakn lanjut dari analisis dilakukan uji scheffe. Dari hasil analisis dengan taraf signifikansi 0,05 menunjukkan bahwa (1) Dari dua metode yang dipakai nilai probabilitas prestasi belajar matematika siswa > 0,05, artinya tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara dua metode yang dipakai, (2) kemandirian siswa menunjukkan hasil berbeda yang signifikanterhadap prestasi belajar siswa, hal tersebut terlihat nilai probabilitas sebesar 0,000 < 0,05, (3) nilai probabilitas untuk interaksi antara metode yang digunakan dengan kemandirian belajar siswa adalah < 0,05 artinya ditemukan interaksi antara metode yang digunakan dengan kemandirian belajar siswa. .

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Strategi, STAD, Kemampuan awal, Prestasi-belajar
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Edy Suparno
Date Deposited: 09 Jul 2009 03:37
Last Modified: 16 Nov 2010 14:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3439

Actions (login required)

View Item View Item