METODE PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH LUAR BIASA TUNARUNGU (SLB/B) MELALUI ALAT PERAGA UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA (Studi kasus di Kelas VIII SMPLB-B Yayasan Rehabilitasi Tuna Rungu Wicara Surakarta)

Nugroho, Taufiq (2009) METODE PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH LUAR BIASA TUNARUNGU (SLB/B) MELALUI ALAT PERAGA UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA (Studi kasus di Kelas VIII SMPLB-B Yayasan Rehabilitasi Tuna Rungu Wicara Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A410050094.pdf

Download (212kB)
[img] PDF
A410050094.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui cara guru SMPLB-B (Tunarungu) dalam menyampikan pembelajaran matematika untuk peningkatkan hasil belajar siswa khususnya bangun ruang beraturan kubus dan balok; mengetahui perubahan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus. Data diperoleh melalui observasi, catatan lapangan, wawancara, dokumentasi dan tes. Data dalam penelitian ini dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan tiga teknik analisi data yaitu persiapan, tabulasi dan penerapan data. Untuk kesinambungan dan kedalaman dalam pengerjaan, keabsahan data didasarkan pada teknik triangulasi. Dari hasil penelitian subjek Angga memperoleh nilai setelah dilakukan pembelajaran I adalah 70, nilai setelah dilakukan pembelajaran II adalah 100, dan nilai setelah dilakukan pembelajaran terakhir adalah 100. Subjek Risky memperoleh nilai setelah dilakukan pembelajaran I adalah 76, nilai setelah dilakukan pembelajaran II adalah 90, dan nilai setelah dilakukan pembelajaran terakhir adalah 100. Subjek Shelita nilai yang diperoleh setelah dilakukan pembelajaran I adalah 56, nilai yang diperoleh setelah pembelejaran II adalah 70, dan nilai yang diperoleh setelah dilakukan pembelajaran terakhir adalah 75. Sedangkan subjek Wikan nilai yang diperoleh setelah dilakukan pembelajaran I adalah 60, nilai yang diperoleh setelah dilakukan pembelajaran II adalah 70, dan nilai yang diperoleh setelah dilakukan pembelajaran terakhir adalah 73.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode-Pembelajaran, Alat-Peraga, Hasil-Belajar.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Edy Suparno
Date Deposited: 06 Jul 2009 08:07
Last Modified: 02 May 2011 10:01
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3437

Actions (login required)

View Item View Item