IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS KOMIK (MIBK) DITINJAU DARI MINAT BELAJAR POKOK BAHASAN KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR PADA SISWA KELAS IV SEMESTER I SD NEGERI SEWILAYAH KELURAHAN BOWAN KECAMATAN DELANGGU KLATEN

WULANDARI , CAHYANING (2009) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS KOMIK (MIBK) DITINJAU DARI MINAT BELAJAR POKOK BAHASAN KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR PADA SISWA KELAS IV SEMESTER I SD NEGERI SEWILAYAH KELURAHAN BOWAN KECAMATAN DELANGGU KLATEN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A410050086.pdf

Download (36kB)
[img] PDF
A410050086.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh penggunaan metode pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika siswa, (2) Pengaruh minat belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) Interaksi antara metode pembelajaran dan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika pada pokok bahasan keliling dan luas bangun datar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri sewilayah Keluarahan Bowan Kecamatan Delanggu Klaten tahun ajaran 2008/2009 dengan SDN Bowan I sebagai sampel eksperimen, dan SDN Bowan II sebagai sampel kontrol yang diambil secara random. Pengumpulan data dilakukan dengan : Metode angket, Metode dokumentasi, dan Metode tes. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan Anava Dua Jalan dengan sel tak sama dengan terlebih dahulu menguji prasyaratnya. Berdasarkan hasil penelitian dengan  = 5% disimpulkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh metode pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika siswa yang menunjukkan bahwa pembelajaran Fa = 18,57, (2) Terdapat pengaruh minat belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika dengan Fb = 12,80, (3) Tidak terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika dengan Fab = 0,70. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan Media Interaktif Berbasis Komik (MIBK) memberi pengaruh positif terhadap prestasi belajar matematika siswa pada pokok bahasan keliling dan luas bangun datar yang berdampak meningkatnya prestasi belajar matematika siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran MIBK, minat belajar
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Edy Suparno
Date Deposited: 06 Jul 2009 02:51
Last Modified: 02 Jan 2012 10:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3435

Actions (login required)

View Item View Item