Motivasi Guru Dalam Mengoptimalkan Kualitas Belajar Siswa Di SD Negeri Kleco 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/ 2015

Dewi,, Ella Aristantia and , Dr. Samino, M.M. (2015) Motivasi Guru Dalam Mengoptimalkan Kualitas Belajar Siswa Di SD Negeri Kleco 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/ 2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
03. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (726kB)
[img] PDF (Bab I)
04. BAB I.pdf

Download (224kB)
[img] PDF (Bab II)
05. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (277kB)
[img] PDF (Bab III)
06. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (306kB)
[img] PDF (Bab IV)
07. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (356kB)
[img] PDF (Bab V)
08. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (144kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (269kB)
[img] PDF (Lampiran)
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (771kB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
02. NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (234kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan: (1) penyebab guru memotivasi siswa untuk meningkatkan kualitas belajar siswa di SD N Kleco 1 Surakarta, (2) cara guru memberi motivasi dalam meningkatkan kualitas belajar siswa di SD N Kleco 1 Surakarta, (3) hal-hal yang dilakukan guru dalam memelihara kualitas belajar siswa di SD N Kleco 1 Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah guru di SD Negeri Kleco 1 Surakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari tiga tahap yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini diawali dengan kegiatan ersiapan, pelaksanaan, dan pelaporan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi guru dalam meningkatkan kualitas belajar siswa di SD Negeri Kleco 1 Surakarta cukup tinggi dan dipengaruhi baik oleh motivasi intrinsik maupun ekstrinsik. Hal-hal yang menyebabkan guru termotivasi dalam meningkatkan kualitas belajar pada umumnya adalah karena tanggung jawab atas pekerjaan, sebagai sarana untuk meningkatkan kualitas diri. Selain itu peran motivasi juga sangat dibutuhkan dalam belajar untuk tetap menjaga siswa pada kondisi yang nyaman, kompetitif, dan membangkitkan semangat juga antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran, sehingga menghasilkan kualitas yang sudah ditargetkan. Kualitas belajar yang sudah baik juga harus dipelihara atau ditingkatkan oleh guru. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa motivasi guru di SD N Kleco 1 Surakartadalam meningkatkan kualitas belajar cukup tinggi dan sangat mempengaruhi kinerja guru dalam melaksanakan pembelajaran sehingga kualitas belajar yang baik juga bisa dicapai oleh siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: motivasi, guru, kulitas belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 06 Jul 2015 06:12
Last Modified: 12 Oct 2021 07:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/34324

Actions (login required)

View Item View Item