Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Melalui Media Audio Visual Pada Kelompok B TK Muslimat NU V Boyolali Tahun Ajaran 2014/2015

Aziz, Fitria Nur and , Dra. Surtikanti, S.H., M.Pd (2015) Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Melalui Media Audio Visual Pada Kelompok B TK Muslimat NU V Boyolali Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
ARTIKEL PUBLIKASI-fitriiii.pdf

Download (343kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (751kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB 1.pdf

Download (95kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (234kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (221kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (127kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] PDF (Pernyataan Publikasi Imliah)
PERNYATAAN ART PUB.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (301kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak melalui media audio visual pada umumnya dan (2) Untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak melalui media audio visual pada kelompok B di TK Muslimat NU V Boyolali Tahun Ajaran 2014/2015 pada khususunya. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 3 (tiga) siklus yang terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah anak kelompok B TK Muslimat NU V Boyolali yang berjumlah 14 anak. Teknik pengambilan sampel melalui penggunaan media audio visual. Hasil penelitian menyatakan bahwa melalui media audio visual dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak pada kelompok B TK Muslimat NU V Boyolali Tahun Ajaran 2014/2015. Adapun prosentase peningkatan kemampuan berbahasa anak dari sebelum tindakan sampai pada siklus III yakni pada prasiklus sebesar 44,46%, siklus I meningkat menjadi 52,67%, siklus II sebesar 66,60% dan siklus III sebesar 87,67%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan adanya peningkatan kemampuan berbahasa anak melalui media audio visual kelompok B TK Muslimat NU V Boyolali di TK Pertiwi 02 Gantiwarno, Matesih Tahun Ajaran 2014/2015.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berbahasa, Media Audio Visual
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Fitria Nur Aziz
Date Deposited: 08 Jul 2015 05:46
Last Modified: 08 Oct 2021 03:37
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/34310

Actions (login required)

View Item View Item