PENINGKATAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN REALISTIK BERBASIS MEDIA BERKONTEKS LOKAL (PTK di Kelas II SD Muhammadiyah 16 Surakarta Tahun Ajaran 2008/2009)

Suyuti M, Alfiah (2009) PENINGKATAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN REALISTIK BERBASIS MEDIA BERKONTEKS LOKAL (PTK di Kelas II SD Muhammadiyah 16 Surakarta Tahun Ajaran 2008/2009). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] Microsoft Word
A410050071.doc

Download (31kB)
[img]
Preview
PDF
A410050071.pdf

Download (33kB)
[img] PDF
A410050071.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (664kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui proses pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran matematika realistik berbasis media berkonteks local, 2) Untuk mengetahui peningkatan efektivitas dalam pembelajaran matematika dengan menerapkan model pembelajaran matematika realistik berbasis media berkonteks lokal. Subyek penelitiannya adalah siswa kelas II A dan II B SD Muhammadiyah 16 Surakarta sejumlah 74 siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan, dokumentasi, wawancara. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika dan kepala sekolah. Analisis data secara deskriptif kualitatif melalui metode alur. Data di analisis sejak tindakan pembelajaran dilakukan, dikembangkan selama proses selanjutnya diambil daya serap melalui latihan soal pada tiap tindakan. Penelitian ini memberikan hasil yaitu 1) Proses pembelajaran matematika realistik berbasis media berkonteks lokal meliputi: memberikan masalah kontekstual, menyelesaikan masalah melalui praktek dengan media, mempresentasikan hasil, menyimpulkan suatu konsep; 2) Terjadi peningkatan efektivitas yang dapat dilihat dari peningkatan motivasi meliputi antusias dalam belajar mencapai 80%, mendengarkan penjelasan guru mencapai 75%, menanggapi secara positif dorongan guru mencapai 75%, peningkatan keaktifan meliputi bertanya mencapai 45%, mengemukakan ide mencapai 62,5%, mengerjakan soal latihan mencapai 77,5%, peningkatan kreativitas meliputi melakukan praktek mencapai 82,5%, tepat dalam menggunakan alat dan media mencapai 80%, peningkatan pemahaman siswa meliputi menguasai materi mencapai 82,5%, menyelesaikan soal dengan tepat mencapai 85%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa model pembelajaran matematika realistik berbasis media berkonteks lokal dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Peningkatan, Efektivitas, model pembelajaran matematika realistik, media berkonteks lokal
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Edy Suparno
Date Deposited: 04 Jul 2009 04:54
Last Modified: 16 Nov 2010 14:31
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3428

Actions (login required)

View Item View Item