Pengembangan Bahan Ajar Geografi Kelas X Materi Mitigasi Dan Adaptasi Bencana Alam

Indriani, Fitri (2015) Pengembangan Bahan Ajar Geografi Kelas X Materi Mitigasi Dan Adaptasi Bencana Alam. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI)
2 Artikel Publikasi.pdf

Download (820kB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
3 Halaman Depan.pdf

Download (779kB)
[img] PDF (BAB I)
4 BAB I.pdf

Download (220kB)
[img] PDF (BAB II)
5 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (435kB)
[img] PDF (BAB III)
6 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (496kB)
[img] PDF (BAB IV)
7 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (925kB)
[img] PDF (BAB V)
8 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
9 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (256kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
10 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42MB)
[img] PDF (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
1 SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)

Abstract

Bahan ajar yang dipakai oleh guru berupa buku teks berkaitan erat dengan kurikulum. Buku teks yang dipakai sebagai bahan ajar memuat materi yang ditujukan untuk mencapai Kompetensi Dasar (KD) yang telah ditentukan dalam kurikulum. Materi mitigasi dan adaptasi bencana alam merupakan salah satu materi yang diajarkan guna mencapai kompetensi 3.7 yaitu menganalisis mitigasi dan adaptasi bencana alam dengan kajian geografi. Penelitian ini memiliki tiga tujuan yaitu (1) Mengetahui kriteria bahan ajar yang diinginkan guru dan siswa pada materi mitigasi dan adaptasi bencana alam; (2) Mengembangkan bahan ajar mitigasi dan adaptasi bencana alam kelas X; (3) Mengetahui efektivitas bahan ajar prototipe dalam pembelajaran mitigasi dan adaptasi bencana alam kelas X. Penelitian Researc and Development (R&D) dengan menggunakan model Dick and Carrey. Penelitian dilakukan di SMA Muhammadiyah 1 Surakrta untuk mengambil data kebutuhan, uji coba produk, dan eksperimen bahan ajar. Teknik pengambilan sampel kelas menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data melalui angket dan tes. Hasil penelitian ini yaitu menghasilkan produk berupa bahan ajar mitigasi dan adaptasi bencana alam sesuai dengan kebutuhan siswa dan guru dan telah divalidasi oleh ahli serta diuji coba. Hasil eksperimen bahan ajar mitigasi dan adaptasi bencana alam menunjukan bahwa bahan ajar efektif digunakan dalam pembelajaran. Hasilnya menunjukan bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan bahan ajar mitigasi dan adaptasi bencana meningkat 18% dari sebelum menggunakan bahan ajar, sedangkan hasil belajar siswa tanpa menggunakan bahan ajar mitigasi dan adaptasi bencana alam hanya meningkat 8% dari nilai sebelumnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: textbooks, effectiveness, development
Subjects: L Education > LT Textbooks
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: Fitri Indriani
Date Deposited: 06 Jul 2015 02:14
Last Modified: 06 Jul 2015 02:39
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/34271

Actions (login required)

View Item View Item