PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PEMBERIAN TUGAS TERSTRUKTUR DENGAN UMPAN BALIK DAN COOPERATIVE LEARNING DITINJAU DARI AKTIVITAS BELAJAR SISWA (Pada kelas VIII Semester 2 SMP Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2008/2009)

RAHMAWATI, NOVIANA DINI (2009) PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PEMBERIAN TUGAS TERSTRUKTUR DENGAN UMPAN BALIK DAN COOPERATIVE LEARNING DITINJAU DARI AKTIVITAS BELAJAR SISWA (Pada kelas VIII Semester 2 SMP Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2008/2009). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A410050063.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (794kB)
[img]
Preview
PDF
A410050063.pdf

Download (82kB)
[img] Microsoft Word
A410050063.doc

Download (34kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh yang signifikan antara aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) interaksi yang signifikan antara model pembelajaran dan aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII semester 2 SMP Muhammadiyah 1 Surakarta tahun pelajaran 2008/2009. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Surakarta sebanyak 294 siswa yang terdiri dari 7 kelas. Sebagai sampel diambil 72 siswa yang terbagi dalam dua kelas yaitu sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Proses pengumpulan data menggunakan metode tes, metode angket dan metode dokumentasi. Pengujian prasyarat analisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, sedangkan teknik analisis datanya adalah analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Berdasarkan hasil penelitian ini, dengan taraf signifikansi 5% dapat disimpulkan bahwa: (1) ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika dengan dan sig.=0,000, (2) ada pengaruh yang signifikan antara aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika dengan dan sig.=0,018, (3) tidak ada interaksi yang signifikan antara model pembelajaran dan aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika dengan dan sig.=0,109. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan model cooperative learning dan aktivitas belajar siswa yang tinggi memberikan pengaruh yang positif terhadap prestasi belajar matematika pada pokok bahasan lingkaran.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: cooperative learning, pemberian tugas, aktivitas belajar, prestasi belajar.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Edy Suparno
Date Deposited: 04 Jul 2009 04:21
Last Modified: 16 Nov 2010 14:33
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3425

Actions (login required)

View Item View Item