IMPLEMENTASI PENGAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DAN METODE THE POWER OF TWO DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN LINGKARAN DI SMP MUHAMMADIYAH 7 EROMOKO TAHUN AJARAN 2008 / 2009

Purnamasari, Ita (2009) IMPLEMENTASI PENGAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DAN METODE THE POWER OF TWO DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN LINGKARAN DI SMP MUHAMMADIYAH 7 EROMOKO TAHUN AJARAN 2008 / 2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A410050057.pdf

Download (56kB)
[img] Microsoft Word
A410050057.doc

Download (36kB)
[img] PDF
A410050057.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1). Pengaruh metode Numbered Heads Together (NHT) dan The Power Of Two terhadap prestasi belajar matematika siswa pada pokok bahasan Lingkaran. 2). Pengaruh kemandirian belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa pada pokok bahasan Lingkaran. 3). Efek interaksi antara metode mengajar dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar siswa pada pokok bahasan Lingkaran. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SLTP Muhammadiyah 7 Eromoko 2008/2009. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa dua kelas SMP Muhammadiyah 7 Eromoko. Siswa kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII A sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberikan metode NHT dan kelas kontrol diberikan metode The Power Of Two. Teknik Pengumpulan data menggunakan metode tes untuk data hasil belajar matematika siswa, metode angket untuk data kemandirian belajar siswa serta metode dokumentasi untuk mengetahui nilai raport semester 1 matematika siswa yang digunakan untuk menguji keseimbangan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengujian persyaratan analisis menggunakan uji normalitas dengan menggunakan metode Liliefors dan uji homogenitas dengan menggunakan metode Bartlett. Teknis analisis data yang digunakan analisis variansi dua jalan tak sama. Sebagai tindak lanjut dari analisis variansi dilakukan uji Scheffe. Berdasarkan hasil penelitian ini dengan α = 5% dapat disimpulkan bahwa: 1). Tidak terdapat pengaruh metode pembelajaran NHT dengan metode The Power Of Two terhadap prestasi belajar matematika pada pokok bahasan lingkaran, hal tersebut dapat dilihat pada nilai Fa = 0.950. 2). Terdapat pengaruh kemandirian belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, hal tersebut dapat dilihat dari nilai Fb = 6.764. 3). Tidak terdapat efek interaksi antara metode pengajaran dengan kemandirian belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, hal tersebut dapat dilihat dari nilai Fab = 0.847

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : metode, NHT (Numbered Heads Together),The Power Of Two, kemandirian-belajar, prestasi-belajar.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Edy Suparno
Date Deposited: 04 Jul 2009 03:49
Last Modified: 16 Nov 2010 14:34
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3424

Actions (login required)

View Item View Item