Komparasi Citra Perempuan Dalam Novel La Barka Karya Nh. Dini Dan Novel Supernova Karya Dee Serta Relevansinya Dalam Pembelajaran Sastra Di SMA

PITASARI, DESI and , Drs. Adyana Sunanda, M.Pd. (2015) Komparasi Citra Perempuan Dalam Novel La Barka Karya Nh. Dini Dan Novel Supernova Karya Dee Serta Relevansinya Dalam Pembelajaran Sastra Di SMA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Surat pernyataan publikasi)
pernyataan artikel.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (Naskah publikasi)
Naskah publikasi.pdf

Download (4MB)
[img] PDF (Halaman depan)
Halaman Depan.pdf

Download (803kB)
[img] PDF (Bab 1)
Bab I.pdf

Download (100kB)
[img] PDF (Bab 2)
Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (323kB)
[img] PDF (Bab 3)
Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[img] PDF (Bab 4)
Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (672kB)
[img] PDF (Bab 5)
Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (93kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (419kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan empat hal berikut. Pertama, struktural yang terdiri dari tema dan fakta-fakta cerita (alur, karakter, latar) yang terdapat dalam kedua novel. Kedua, persamaan citra perempuan yang terdapat dalam novel La Barka karya NH. Dini dan novel Supernova karya Dee. Persamaan tersebut terdiri dari tiga hal yakni citra perempuan yang mandiri, perempuan yang memiliki kebebasan berpikir, dan perempuan yang memiliki prinsip hidup/ ideologi. Ketiga, perbedaan yang terdapat dalam kedua novel terkait dengan unsur religiusitas. Melalui tokoh perempuan tersebut, La Barka lebih mencerminkan unsur religiusitas yang tinggi daripada tokoh perempuan yang terdapat dalam novel Supernova. Keempat, relevansi citra perempuan terkait dengan pembelajaran sastra di SMA. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Sumber data primer pada penelitian ini adalah kata, frasa, kalimat, wacana dalam kedua karya sastra terkait dengan bagian citra perempuan. Data sekunder diperoleh dari referensi buku Alisyahbana, S. Takdir, dkk. 1982. Proses Kreatif: Mengapa dan Bagaimana Saya Mengarang. Jakarta: Gramedia. Buku tersebut merupakan bagian data latar waktu di dalam novel La Barka karya NH. DH. Dini. Data pendukung yang lain bersumber dari internet. Pengumpulan atau penyediaan data pada penelitian dilakukan dengan teknik pustaka, simak, dan catat. Penelitian ini yang digunakan untuk keabsahan data yakni teknik triangulasi teori. Teori yang digunakan yakni citra perempuan, sastra bandingan, dan kritik sastra feminis. Penelitian ini menggunakan metode sastra bandingan diakronik. Hasil dalam penelitian di antaranya: ditemukan (1) struktural dalam kajian kedua karya sastra, (2) tiga persamaan citra perempuan yakni perempuan yang mandiri, memiliki kebebasan berpikir dan berprinsip hidup/ ideologi. (3) perbedaan citra perempuan yang ditinjau dari sisi religiusitas yang terdapat dalam kedua karya sastra tersebut. (4) Relevansi citra perempuan yang digunakan dalam pembelajaran sastra di SMA.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: sastra bandingan, citra perempuan, relevansi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: DESI PITASARI
Date Deposited: 04 Jul 2015 05:11
Last Modified: 07 Oct 2021 01:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/34211

Actions (login required)

View Item View Item